DetikNews
Sabtu 04 Mei 2019, 16:13 WIB

Ribuan Peziarah Kunjungi Makam Gus Dur di Jombang Jelang Ramadhan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ribuan Peziarah Kunjungi Makam Gus Dur di Jombang Jelang Ramadhan Banyak peziarah berziarah ke makam Gus Dur di Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Berziarah ke makam para leluhur sudah menjadi tradisi umat Islam menjelang bulan suci Ramadhan. Tak terkecuali makam para ulama yang dianggap sebagai wali, seperti KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang.

Beberapa hari menjelang Ramadhan, makam Presiden keempat RI itu dipadati ribuan peziarah. Makam Gus Dur berada di dalam kompleks pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng, Diwek, Jombang.

Tak hanya dari Jombang, para peziarah datang dari berbagai daerah di tanah air. Mereka terlihat khusuk berdoa di sekitar area pemakaman. Di tempat ini juga terdapat makam tokoh pendiri NU yang juga kakek Gus Dur KH Hasyim Asy'ari, serta pahlawan nasional KH Wahid Hasyim yang merupakan ayah Gus Dur.


Seperti yang dilakukan Suparno (50), peziarah asal Jatirejo, Mojokerto. Datang bersama anak didiknya, guru ngaji ini mengaku rutin setiap tahun berziarah ke makam Gus Dur. Khususnya menjelang bulan suci Ramadhan.

"Untuk menyongsong Ramadhan, mudah-mudahan anak-anak saya ibadahnya istikomah, juga supaya mereka tahu tujuan dari ziarah," kata Suparno kepada wartawan, Sabtu (4/5/2019).

Salah seorang pengurus PP Tebuireng Jombang Teuku Azwani menjelaskan, jumlah peziarah makam Gus Dur meningkat sejak sepekan terkahir. Menurut dia, kenaikan jumlah peziarah mencapai 3 kali lipat dari hari-hari biasa.


"Kalau hari biasa itu 2-3 ribu peziarah tiap harinya. Menjelang bulan suci Ramadhan ini mencapai 10 ribu sehari, bahkan lebih," ungkapnya.

Lonjakan jumlah peziarah, tambah Azwani, bukan tanpa sebab. Menurut dia, selama bulan Ramadhan umat Islam akan fokus beribadah.

"Ketika bulan Ramadhan sudah berjalan, kebanyakan orang memilih fokus beribadah dan tidak lagi ada yang ziarah ke makam para wali," terangnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed