2.500 Personel Polda Jatim Amankan Peringatan Hari Buruh 1 Mei

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 30 Apr 2019 17:30 WIB
Apel pasukan/File: detikcom
Surabaya - Menjelang peringatan Hari Buruh 1 Mei, Polda Jatim menyiapkan berbagai antisipasi pengamanan. Salah satunya menyiapkan 2.500 personel dari berbagai unit.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan untuk pengamanan di titik kumpul buruh di Tugu Pahlawan Surabaya, pihaknya bekerja sama dengan 5 polres. Kelimanya yakni Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pasuruan, Polres Mojokerto dan Polresta Mojokerto.

"Masing-masing polres menurunkan sekitar 200 pengawalan. Ada 5 polres, berarti ada 1.000 pasukan. Untuk Polrestabes Surabaya mengerahkan 1.000 personel dan Polda Jatim hanya 500 personel karena hanya membantu," ujar Barung saat dikonfirmasi di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (30/4/2019).

Barung menambahkan lima polres ini diminta mengamankan dan mengawal para buruh dari daerah masing-masing hingga di depan Gedung Negara Grahadi dan kawasan Tugu Pahlawan. Jika massa buruh dari Sidoarjo, maka anggota dari Polresta Sidoarjo akan mengawal hingga ke Grahadi.

Setelah massa tiba di Tugu Pahlawan, Polrestabes Surabaya akan menyambut dengan melakukan pengamanan di jalan, lalu bersama-sama melakukan pengamanan di Grahadi.

"Tetapi otoritas pengamanan di Grahadi tetap diberikan pada Polrestabes Surabaya. Nah, Polda Jatim mengkoordinir dua Polres ini karena buruh kan datangnya dari macam-macam daerah," lanjutnya.

Pihaknya berharap peringatan Hari Buruh ini tak hanya diisi aksi demonstrasi atau orasi. Dia ingin para buruh bisa menampilkan berbagai kegiatan seni. Barung menilai penyampaian aspirasi ke Gubernur Jawa Timur bisa dilakukan dengan berbagai sarana.

"Apalagi sekarang informasi dan teknologi sudah canggih, jadi tinggal buat pernyataan di buat video Vlog kemudian dikirim ke Ibu Khofifah itu kan sudah selesai. Apalagi Bu Gubernur kalau semacam itu kan sangat welcome," pungkas Barung. (hil/fat)