DetikNews
Selasa 30 April 2019, 16:30 WIB

3 PSK yang Terjaring di Tretes Pasuruan Terinfeksi HIV/AIDS

Muhajir Arifin - detikNews
3 PSK yang Terjaring di Tretes Pasuruan Terinfeksi HIV/AIDS Pemeriksaan di Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Sembilan PSK yang diamankan dari kawasan wisata keluarga Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, diarahkan ke dinas sosial setempat. Mereka menjalani pemeriksaan medis.

Dalam pemeriksaan medis yang dilakukan tim dari dinkes, hasilnya mengejutkan. Tiga dari PSK yang rata-rata berusia sangat muda tersebut terinfeksi HIV/AIDs.

"Dinkes menyatakan yang terinfeksi HIV ada 3 PSK," kata Kepala Seksi Operasi Satpol PP Kabupaten Pasuruan Ajar Dollar, Selasa (30/4/2019).


Ajar mengatakan, temuan PSK terjangkit HIV bukan yang pertama. "Pada razia-razia sebelumnya di kawasan Tretes juga sering PSK positif setelah diperiksa. Ini memprihatinkan," terang Ajar.

Para PSK yang positif HIV/AIDs kemudian mendapatkan penanganan serius dari dinkes setempat. Mereka mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya.

Sementara untuk PSK yang tak terjangkit HIV/AIDs akan dibina di UPT Rehabilitasi Sosial Wanita Tuna Susila (RSWTS) Pemprov Jatim di Kediri.


"Atau dikembalikan ke kota asal. Masih menunggu assesment," kata Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Tuna Sosial Dinsos Kabupaten Pasuruan, Wahyu Widodo.

Sebelumnya, Satpol PP Kabupaten Pasuruan menjaring 9 PSK di Puncak Tretes, Kecamatan Prigen, Senin (29/4) malam. Sembilan PSK yang terjaring rata-rata berusia 20 tahun.

Para PSK antara lain JW (33) warga Malang, NAN (18) warga Malang, DM (19) warga Banyuwangi, UKN (19) warga Bojonegoro, AH (22) warga Kota Banjar, NS (21) warga Banyumas, dan OA (21) warga Bayuwamas.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed