DetikNews
Senin 29 April 2019, 14:17 WIB

Speed Boat Tak Bertuan Ditemukan di Pantai Selatan Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Speed Boat Tak Bertuan Ditemukan di Pantai Selatan Banyuwangi Speed Boat Tak Bertuan Ditemukan di Pantai Selatan Banyuwangi /Foto: Istimewa
Banyuwangi - Speed boat tanpa awak ditemukan nelayan di sekitar perairan Pancer, Banyuwangi. Tak ada dokumen apapun dalam speed boat yang ditemukan 35 mil dari pantai itu. Belum diketahui siapa pemilik speed boat ini. Speed boat itu kini diamankan di Pos TNI AL Pancer.

Petugas kini masih melakukan penyelidikan terkait temuan speed boat ini. Speed boat itu ditemukan nelayan sekitar 35 mil dari pantai, Sabtu (27/4/2019) kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB.

Speed Boat ini ditemukan nelayan, Ribut Santoso, warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Nelayan ini secara tidak sengaja melihat speed boat tersebut. Perahu cepat itu ditemukan terombang ambing tak jauh dari rumpon tempat nelayan mencari ikan.


"Saat pulang ke Pancer pada hari Minggu (28/4), speed boat ini diserahkan ke Pos TNI AL oleh nelayan tersebut," kata Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zainal melaui Pasi Intel Kapten Laut Khusus (KH) Eko Kawitono kepada detikcom, Senin (29/4/2019).

Eko menambahkan, dugaan sementara speed boat itu kemungkinan terseret arus hingga akhirnya terombang-ambing hingga ke perairan Pancer. Bisa jadi kapal cepat itu berasal dari Bali ataupun Banyuwangi.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Lanal Denpasar dan Gilimanuk terkait hal ini," jelasnya.


Petugas kemudian membuat berita acara serah terima dari nelayan ke Pos TNI AL. Setelah dicek, pada kapal cepat itu, hanya ditemukan jeriken tempat BBM dan mesin tempel 85 PK. Tidak ditemukan barang lain dalam kapal tersebut. Speed boat itu kini diamankan di Pos TNI AL Pancer.

Bagi orang yang merasa sebagai pemilik kapal, lanjut Eko, bisa langsung datang ke Lanal Banyuwangi atau langsung ke Pos TNI AL Pancer. Tentunya, untuk mengambil kapal tersebut harus menyertakan bukti-bukti kepemilikan kapal yang sah.

"Sementara speed boat ini dalam pengawasan TNI AL Banyuwangi," tegasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed