Jokowi Unggul di Coblos Ulang TPS 28 Surabaya, Tapi Suara Menyusut

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 27 Apr 2019 18:38 WIB
Proses penghitungan suara dalam PSU di Surabaya/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Perolehan suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga mengalami penurunan dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 28 Surabaya. Meski begitu paslon 01 masih unggul.

Di TPS 28 yang berada di Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Rungkut, Jokowi-Ma'ruf Amin meraup 114 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya 62 suara.

"Suara pasangan 01 sebanyak 114. Pasangan 02 sebanyak 62 dan 2 suara tidak sah. Total 178 suara," kata anggota KPPS Zuhri saat mengumumkan perolehan penghitungan Pilpres di TPS, Sabtu (27/4/2019).


Meski tetap unggul,namun suara Jokowi-Ma'ruf menyusut jika dibandingkan dengan perolehan suara pada Pilpres 17 April lalu. Kala itu pasangan tersebut mengumpulkan 132 suara. Kemudian Prabowo-Sandi 82 suara dan satu suara tidak sah.

Menurunnya perolehan suara kedua pasangan dikarenakan berkurangnya jumlah pemilih yang hadir dan mencoblos ke TPS. Dari DPT yang berjumlah 278, hanya ada 178 pemilih yang hadir dan mencoblos. Sedangkan total yang hadir pada 17 April lalu mencapai 215 pemilih.

Turunnya jumlah pemilih yang hadir dan mencoblos dikarenakan PSU digelar di hari kerja. Bukan hari libur. Seperti yang disampaikan Ketua panitia pemungutan suara (PPS) Kelurahan Rungkut Menanggal, Syamsul Anam.


"Kalau dilihat keterangan tadi ya sebagian besar karena beraktivitas, karena bekerja. Terus ketua KPU Surabaya juga menyampaikan ya memang begini adanya. Ketika dalam suasana tidak hari libur atau diliburkan seperti tanggal 17 lalu," kata Syamsul.

Syamsul menambahkan, PSU tersebut hanya untuk menentukan empat jenis suara saja. Yakni Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi.

"Kalau DPRD Kota sudah kita laksanakan penghitungannya di tingkat kecamatan. Hasilnya sudah ada. Tinggal hasil PSU ini dan selanjutnya diserahkan ke KPU," pungkas Syamsul.


Tonton video Ketua Bawaslu Cek PSU: Mestinya Tak Ada Lagi yang Persoalkan Hasil:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)