detikNews
Kamis 25 April 2019, 15:25 WIB

Kecolongan Pemilih e-KTP, 2 TPS di Ponpes Dalwa Gelar Coblos Ulang

Muhajir Arifin - detikNews
Kecolongan Pemilih e-KTP, 2 TPS di Ponpes Dalwa Gelar Coblos Ulang Formulir C1 di TPS di Ponpes Dalwa (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - KPU Kabupaten Pasuruan akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 14 dan 16 yang berada di sekitar Ponpes Darullughah Wadda'wah (Dalwa), Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

PSU atau coblosan ulang di TPS DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) ini digelar atas rekomendasi Bawaslu. Rekomendasi berdasarkan temuan adanya pemilih pakai e-KTP yang tak terdaftar DPTb telah mencoblos di TPS 14 dan 16, saat rekapitulasi di tingkat PPK Kecamatan Bangil.

"Bawaslu menemukan ada pemilih pakai KTP yang tidak terdaftar DPTb telah mencoblos di TPS 14 dan 16. Ada sekitar 10 sampai 14 orang yang tak masuk DPTb yang mencoblos di dua TPS itu. Maka kami rekomendasikan PSU," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan M Nasrup, Kamis (25/4/2019).

Nasrup mengatakan pemilih yang hanya bermodal e-KTP hanya diperbolehkan menggunakan hak pilih di alamat yang terterah dalam e-KTP.


"Kenapa sampai lolos, silakan konfirmasi ke KPU," tandas Nasrup.

Komisioner Bidang Hukum KPU Kabupaten Pasuruan, A Azmi Abbas mengatakan PSU di dua TPS tersebut akan digelar Jum'at (26/4). Meski menggelar PSU atas rekomendasi Bawaslu, Azmi menegaskan tak ada unsur kecurangan yang dilakukan KPPS.

"Proses Pemilu di TPS 14 dan 16 semua dilakukan secara jujur, terbuka dan adil. Tidak ada pemalsuan," tegasnya.


Untuk diketahui pada 17 April lalu, KPU Kabupaten Pasuruan mendirikan 4 TPS DPTb untuk 1.902 santri Ponpes Darullughah Wadda'wah (Dalwa), yakni TPS 13 sampai TPS 16. Di 4 TPS tersebut Prabowo-Sandi menang telak. Bahkan di TPS 13, Jokowi-Ma'ruf mendapat nol (0) suara.

Pada pemilu lalu, di TPS 3, Jokowi-Ma'ruf memperoleh nol (0) suara, Prabowo-Sandi 501 suara dan 2 suara tak sah. Di TPS 14, Jokowi-Ma'ruf meraih 6 suara, Prabowo-Sandi 497 suara. Di TPS 15, Jokowi-Ma'ruf dapat 1 suara, Prabowo-Sandi 367 suara, dan 3 suara tak sah. Di TPS 16, Jokowi-Ma'ruf meraih 2 suara, Prabowo-Sandi dapat 504 suara.


Saksikan juga video '16 TPS di Makassar Akan Gelar Pemungutan Suara Ulang':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed