Empat Petugas Pemilu di Blitar Meninggal, Tiga Dirawat di RS

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 25 Apr 2019 13:13 WIB
Salah satu TPS di Blitar (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Sebanyak empat petugas Pemilu di Kabupaten Blitar dilaporkan meninggal dunia. Sementara 1 petugas Linmas dan dua petugas KPPS di Kota Blitar menjalani perawatan intensif di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Keempat petugas Pemilu dari Kabupaten Blitar yang meninggal adalah Joko Priyo Saptono, Ketua PPS Desa Kendalrejo Kecamatan Srengat; Muhtadi (53), anggota Linmas Desa Salam Kecamatan Nglegok; dan Toyib Nurochman (43), anggota Linmas Desa Salamrejo Kecamatan Binangun.

"Dan hari ini yang meninggal Bapak Wiji Saechoni. Beliau anggota KPPS Desa Kecamatan Ponggok," kata Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifa pada wartawan, Kamis (25/4/2019).


Informasi yang diterima KPU Kabupaten Blitar, Wiji masih menjalankan tugasnya sebagai anggota KPPS pada 17 April lalu. Namun sempat mengeluh kurang enak badan, setelah proses penghitungan suara sampai Kamis (18/4/2019) dini hari.

Pada Jumat (19/4/2019), Wiji melaksanakan salat Jumat berjemaah di masjid di desanya. Namun usai salat Jumat, Wiji terjatuh dan dibawa ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

"Dimungkinkan beliau kelelahan. Karena tugasnya sejak pagi sampai pagi lagi, itu yang menyebabkan beliau lelah dan tidak bertenaga, lemas," imbuh Imron.

Terkait asuransi yang akan diberikan, Imron menyatakan, sesuai instruksi KPU Jatim dan KPU RI, pihaknya juga diminta melaporkan hal ini ke Pemprov Jatim. Melalui Kesbangpol Pemkab Blitar yang diteruskan ke Kesbangpol Propinsi Jatim.

Sementara untuk penyelenggara Pemilu di wilayah Kota Blitar, terdapat tiga petugas pemilu yang dilaporkan tumbang. Mereka sempat dirawat intensif di rumah sakit dan kini menjalani berobat jalan.


"Mereka sempat mengalami demam tinggi, pusing dan tidak bisa makan. Kemudian dirawat di rumah sakit, kondisinya sudah mendingan. Sekarang tapi masih berobat jalan," kata Kepala Kesbangpol Kota Blitar Hakim Sisworo dikonfirmasi detikcom.

Ketiga petugas pemilu Kota Blitar itu adalah Bagus Hermasyah (52), Ketua KPPS TPS 5 Desa Turi Kecamatan Sukorejo; Ahmad Mustawan (43), petugas KPPS TPS 12 Desa Klampok Kecamatan Sananwetan

Dan seorang petugas linmas yang datanya baru saja masuk ke KPU Kota Blitar. Namun saat ini komisioner KPU Kota Blitar yang menerima laporan itu juga dalam kondisi sakit, sehingga belum bisa memberikan data detail petugas linmas tersebut.


Saksikan juga video 'Bertambah Lagi, Petugas KPPS Meninggal':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)