DetikNews
Selasa 23 April 2019, 16:37 WIB

Salah Input Data, 56 TPS di Kabupaten Malang Gelar Hitung Ulang

Muhammad Aminudin - detikNews
Salah Input Data, 56 TPS di Kabupaten Malang Gelar Hitung Ulang Penghitungan di PPK Kepanjen Kabupaten Malang/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Sebanyak 56 TPS di Kabupaten Malang menggelar hitung ulang. Langkah ini mengacu pada rekomendasi Bawaslu. Sebelumnya, TPS-TPS itu diketahui salah menginput data perolehan suara.

Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva menjelaskan, Bawaslu telah mengeluarkan rekomendasi kepada KPU untuk melakukan penghitungan ulang terhadap 56 TPS yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Malang. Sebab, terjadi kesalahan input data.

"Rekomendasi hitung ulang kami keluarkan, karena pemilih yang mencoblos untuk parpol dan caleg suaranya di hitung dan dimasukkan kepada dua-duanya," ungkap George Da Silva kepada wartawan, Selasa (23/4/2019).

Akibat salah input data itu, lanjut George, perolehan suara jadi menggelembung. Rekapitulasi perolehan suara tidak sesuai dengan tingkat kehadiran pemilih di TPS.


Setelah ditelusuri dan dibuka pada lembar plano untuk dilakukan pengecekan, diketahui cara penghitungan perolehan suara tidak benar. Dan itu terjadi murni kesalahan dalam melakukan input data yang kemudian direkomendasi digelar hitung ulang.

"Jadi murni salah dalam input data. Bisa karena faktor kelelahan dan kekeliruan petugas di PPS," ujar George.

Dia menambahkan, kekeliruan dalam input data paling banyak terjadi pada penghitungan suara DPR RI, yaitu perolehan suara partai dan caleg.

Dua-duanya dihitung hingga menyebabkan adanya selisih jumlah pemilih yang hadir dengan hasil rekapitulasi perolehan suara.


Tetapi diakui, ada beberapa penyebab lain seperti pemindahan kotak suara dari TPS ke PPS tanpa disegel dengan alasan khawatir kabel ties hilang, sehingga membuat harus dilakukan penghitungan ulang.

"Juga ada KPPS yang tidak sanggup mengisi C1 sehingga kertas suara dimasukkan ke kotak suara dan langsung dibawa ke PPS tanpa segel," sebut George.

Hingga pukul 15.30 WIB, proses rekapitulasi tingkat kecamatan masih berjalan di Kabupaten Malang.


Saksikan juga video 'KPU Lakukan 383 Pemungutan Suara Ulang di 31 Provinsi':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed