Pedagang Pasar Lawang Mengais Barang-barang Pascakebakaran

Pedagang Pasar Lawang Mengais Barang-barang Pascakebakaran

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 18 Apr 2019 10:19 WIB
Pedagang mengais barang-barangnya/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Hiruk pikuk suasana di Pasar Lawang pecah pagi ini. Banyak pedagang nekat mengais barang-barang mereka. Meskipun, api belum maksimal bisa dipadamkan.

Sisa-sisa kebakaran nampak di Pasar Lawang, kobaran api begitu hebat menghanguskan ratusan kios milik pedagang.

Sejumlah pedagang nekat untuk mengais barang-barang mereka yang masih tersisa. Meskipun kondisinya sudah bercampur air dan kotoran abu kebakaran.

Pedagang mengais barang dagangannya/Pedagang mengais barang dagangannya/ Foto: Muhammad Aminudin

"Kalau masih ada yang bisa kita selamatkan, ya dibawa saja. Sambil melihat kondisi kios saya," ungkap Surahmah (55), salah satu pedagang ditemui detikcom di Pasar Lawang Jalan dr Wahidin, Lawang, Kabupaten Malang, Kamis (18/4/2019).


Bukan saja Surahmah, pedagang yang memiliki kios di pasar, juga tampak berdatangan. Kondisi ini berbeda dengan kios-kios di lantai dasar, yang sebagian selamat dari kobaran api.

Kondisinya yang masih utuh, membuat pemilik memilih untuk membuka usahanya. Upaya menyelamatkan barang dagangan, sudah dilakukan pedagang sejak pertama kali api membakar Pasar Lawang, malam kemarin.

Rencananya, Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya akan datang ke lokasi hari ini, untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. (fat/fat)