DetikNews
Rabu 17 April 2019, 13:39 WIB

Gembiranya Santri Ponpes Lirboyo Akhirnya Bisa Nyoblos

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Gembiranya Santri Ponpes Lirboyo Akhirnya Bisa Nyoblos Santri Ponpes Lirboyo nyoblos (Foto: Andhika Dwi Saputra)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kediri - 5 Ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri menyalurkan hak suaranya melalui 8 TPS tambahan yang disediakan KPU.

Santri yang dipersilahkan menyalurkan hak pilihnya merupakan mereka yang telah terdaftar sebagai pemilih tambahan. TPS tambahan ini disambut oleh santri karena mereka yang berasal dari luar daerah Kota Kediri akhirnya dapat menyalurkan suaranya.

Seperti yang diutarakan oleh Anis Iva Permatasari, salah seorang komisioner KPU Kota Kediri kepada wartawan saat melakukan sidak di Ponpes Lirboyo Kota Kediri.

Ada 17 TPS berbasis Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Pondok Pesantren Lirboyo. 8 diantaranya berada di Aula Muktamar Lirboyo. Dengan jumlah pemilih di Ponpes Lirboyo berbasis DPTb sebanyak 5.511, dengan rincian 4.993 santri mencoblos di TPS Tambahan, dan 518 santri lainnya diikutkan ke TPS umum atau reguler.


"Jadi begini, Jumlah DPTb untuk santri Lirboyo Kediri ada 5.511, dengan rincian 4.993 mencoblos di TPS tambahan, dan 518 lainnya di TPS umum reguler," ucap Anis Iva. Rabu, (17/4/2019).

Menurut Ketua Bawaslu Kota Kediri, Mansur karena setiap TPS tidak boleh lebih dari 300 pemilih, maka di lingkungan pondok dibangun khusus 17 TPS. Ini semua demi menjaga kenyamanan dan ketertiban pelaksanaan jalannya pemungutan suara.

"Karena setiap tps tidak boleh lebih dari 300 pemilih maka di lingkungan pondok lirboyo dibangun 17 tps, khusus untuk santri yang terdaftar sebagai pemiliha tambahan. 8 diataranya ditempatkan di aula muktamar ponpes lirboyo," jelas Mansur.

Sementara itu bagi santri Ponpes Lirboyo dengan adanya TPS tambahan, mereka merasa sangat senang dan terbantu. Ahmad Khoirur Roziqin (23) santri asal Tuban, ia mengaku tidak mengalami kesulitan maupu hambatan selama menyalurkan suaranya di pondok.


"Sangat mudah dan tidak sulit, kita hanya mencari daftar nama asal, lalu mencocokkan dan menulis di lembar, menyerahkan ke petugas dan mencoblos sesuai anjuran Kiai," ucap Ahmad.

Berdasar data yang diperoleh detikcom, rata rata santri yang melakukan pemungutan suara, melakukan pemilihan untuk surat suara presiden suarat suara DPR RI dan DPD.

Sementara di Kota Kediri terdapat 201850 pemilih tetap, dengan rincian 99.072 pemilih laki-laki dan 102.778 pemilih perempuan.
(fat/iwd)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed