Gakkumdu Pastikan Ratusan Juta yang Diamankan di Surabaya Uang Saksi

Gakkumdu Pastikan Ratusan Juta yang Diamankan di Surabaya Uang Saksi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 16 Apr 2019 18:51 WIB
Gakkumdu menunjukkan bukti kasus ini (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Gakkumdu menunjukkan bukti kasus ini (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Sentra Gakkumdu Kota Surabaya memastikan ratusan juta uang yang diamankan di Jalan Gayungan, Surabaya, merupakan uang saksi. Tidak ditemukan indikasi money politic dari kasus itu.

"Setelah kami dalami dari keterangan berbagai pihak dan data pendukung, bahwa dana tersebut memang digunakan oleh salah satu partai politik peserta pemilu, itu digunakan untuk dana saksi. Dan itu dibuktikan beberapa argumen dan dokumen bahwa dana itu digunakan untuk dana saksi," kata Koordinator Gakkumdu Kota Surabaya Usman kepada wartawan usai mengelar rapat pleno Sentra Gakkumdu di Bawaslu Kota Surabaya, Jalan Arif Rahman Hakim, Selasa(16/4/2019).

Usman mengatakan berdasarkan bukti-bukti yang ada, uang itu sudah sesuai dengan kegunaannya yakni sebagai dana saksi. Dan pemanfaatannya memang benar. Oleh sebab itu, kata Usman, pihaknya tak menemukan indikasi money politic dalam kasus ini.


"Untuk itu kami sepakat dengan teman-teman Bawaslu Kota Surabaya bahwa ini tidak ada indikasi money politic. Tidak menenuhi syarat formil dan materialnya, akhirnya yang bersangakutan kami persilakan pulang," ujar Usman.

Ratusan uang tersebut, memang diambil dari DPD parpol yang berada di Jalan Gayungan. Rencananya uang tersebut akan didistribusikan untuk uang saksi di DPC Kota Blitar dan Tulungagung.

"Dari DPD sampai ke DPC, itu ada berita acara yang bermateri dari pihak pertama dan pihak kedua, sedangkan yang menerima adalah pengurus DPC yang ada di tingkat dua Kota Blitar," ujar Usman.


Pihak Bawaslu Kota Surabaya sudah berkoordinasi dengan KPU Jatim, jika yang penerima memang adalah benar pengurus partai. Dan memang berdasarkan data KPU Jatim memang benar untuk uang saksi.

"Keputusan kami tidak memproses, karena tidak menenuhi syarat formil dan material sudah memenuhi syarat dan ketentuan berlaku. Dari keputusannya memang tidak diketemukan unsur pidananya," jelas Usman.


Simak Juga 'Bawaslu Kumpulkan Bukti Soal OTT Pria Beramplop di Posko M Taufik':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)