detikNews
Selasa 16 April 2019, 14:39 WIB

Hati-hati, Akun FB Wali Kota Malang Dipalsu, Pelaku Minta Donasi

Muhammad Aminudin - detikNews
Hati-hati, Akun FB Wali Kota Malang Dipalsu, Pelaku Minta Donasi Foto: Tangkapan layar FB
Malang - Akun Facebook milik Wali Kota Malang Sutiaji dipalsu orang tak bertanggung jawab. Atas nama Sutiaji pelaku menyebar permintaan donasi kepada publik. Beruntung, ulah pelaku segera diketahui dan imbauan untuk mengabaikan diserukan langsung oleh Sutiaji.

Dalam modusnya, pelaku menyebar permintaan donasi untuk kegiatan anak yatim dengan mengirim pesan kepada kolega Sutiaji yang berteman dengan akun Facebooknya.

"Aku besok pagi mau adakan acara berikan bantuan santunan ke anak" panti. Bagaimana ada niat mau bantu menyumbang buat mereka juga tidak," tulis pelaku melalui FB mesangger.

Pelaku turut menyampaikan donasi bisa dikirim melalui nomor rekening bendahara kegiatan. "Ini aku berikan no rek bendahara penggalangan dana njih," tulis pelaku kembali.

Wali Kota Malang Sutiaji mengaku, awal mengetahui akun facebook-nya di duplikat pelaku dari banyaknya informasi yang dia terima hari ini. Mendengar kabar itu, dia kemudian mengecek akun facebook yang sudah lama di-nonaktifkan itu.

Akun FB Wali Kota Malang Dipalsu/Akun FB Wali Kota Malang Dipalsu/ Foto: Tangkapan layar FB

"Saya mengetahui pertama, dari banyaknya informasi dan melakukan konfirmasi langsung kepada saya. Karena itu bukan saya, maka saya minta untuk mengabaikan," ujar Sutiaji, Selasa (16/4/2019).


Dia berharap masyarakat untuk berhati-hati dan tidak langsung mempercayai pelaku yang menduplikat akun facebook-nya itu.

"Jangan dipercayai dan jangan segan serta takut untuk melaporkan. Karena itu akun palsu," tandasnya.

Menurut Sutiaji, modus pelaku dengan menduplikat akun facebook seseorang memang banyak dijumpai. Tetapi, masih saja ada masyarakat yang terperdaya.

"Modus modus seperti ini sering kita temui, dan cenderung masih saja ada yang terperdaya. Jangan sampai ini terjadi lagi, karena itu palsu, bukan dari saya, karena akun facebook saya sudah non aktif sejak lama," kata Sutiaji.

Pemkot Malang sendiri telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melacak akun palsu yang menduplikat facebook milik Sutiaji. Diharapkan, identitas pelaku bisa terungkap dan bisa diamankan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed