DetikNews
Senin 15 April 2019, 13:47 WIB

Duh, 9 Kotak Surat Suara Pemilu 2019 di Jember Rusak Dimakan Rayap

Yakub Mulyono - detikNews
Duh, 9 Kotak Surat Suara Pemilu 2019 di Jember Rusak Dimakan Rayap Kotak surat suara Pemilu 2019 yang dimakan rayap/Foto: Istimewa
Jember - Sebanyak 9 kotak surat suara Pemilu 2019 di Kecamatan Sukorambi, Jember rusak dimakan rayap. 9 Kotak tersebut terdiri dari 4 kotak surat suara Pilpres dan 5 kotak surat suara Pileg DPR RI.

Petugas PPK Sukorambi kemudian melakukan kegiatan bersih-bersih di gudang logistik. Lalu menyortir kotak surat suara yang rusak.

"Ini kotak suara rusak akibat serangan rayap. Ada sekitar 9 kotak suara yang rusak," kata Ketua PPK Sukorambi Nur Fadli saat dikonfirmasi wartawan, Senin (15/4/2019).

[Gambas:Video 20detik]



"Langkah berikutnya, kami sudah menginformasikan ini ke KPU Jember, untuk minta pengganti kotak yang rusak dengan yang baru," imbuh Nur Fadli.

Kini pihaknya hanya bisa menunggu kotak suara pengganti sebelum Pemilu 2019 yang akan digelar Rabu (17/4). Sementara kerusakan yang diakibatkan serangan rayap itu membuat 9 kotak surat suara tersebut tidak bisa digunakan kembali.


"Kalau misalnya tidak ada, maka ada 9 TPS tidak punya kotak suara," katanya.

Hingga saat ini persiapan logistik terus dikirim ke tiap-tiap TPS dan ditargetkan selesai hari ini. Atau paling lambat H-1 Pemilu.


Saksikan juga video 'Kotak Suara 'Kardus' di Cirebon Rusak, KPU: Ya Diganti':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed