detikNews
Minggu 14 April 2019, 11:20 WIB

Caleg-caleg di Kota Pasuruan Diajak Copoti Alat Peraga Kampanye

Muhajir Arifin - detikNews
Caleg-caleg di Kota Pasuruan Diajak Copoti Alat Peraga Kampanye Alat peraga kampanye dicopoti/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Bawaslu Kota Pasuruan mengerahkan seluruh anggotanya mencopot alat peraga kampanye (APK) di masa tenang. Bawaslu juga mengajak para peserta pemilu secara sukarela membersihkan APK-nya.

"Kita mulai pencopotan APK, kita mulai di lokasi-lokasi strategis dulu," kata Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Moh. Anas di sela kegiatan pencopotan APK di Jalan Panglima Sudirman, Minggu (14/4/2019).

Bawaslu melibatkan 12 anggota panwascam, 34 anggota panwas keluarahan dan 625 anggota pengawas TPS untuk melakuka penertiban APK di empat kecamatan. Kepolisian juga dilibatkan untuk pengamanan.

Petugas mencopoti APK yang terpasang di perempatan dan pertigaan jalan, di pohon-pohon hingga di tembok-tembok gedung kosong. APK yang ada di gerobak-gerobak pedagang juga ditertibkan.
Alat peraga kampanye di Pasuruan dicopoti/,Alat peraga kampanye di Pasuruan dicopoti/Foto: Muhajir Arifin


"Sehari menjelang pencoblosan diharapkan Kota Pasuruan sudah bersih dari APK dan bahan kampanye. Terutama di sekitar TPS, stiker-stiker akan dibersihkan," terang Anas.

Untuk efektivitas pencopotan APK dan pembersihan bahan kampanye, Bawaslu juga mengajak para peserta kampanye, terutama para caleg.

"Sudah ada beberapa caleg yang hari ini ikut mencopoti APK. Saya imbau semua caleg ikut melakukan pencopotan, minimal APK-nya sendiri," pungkas Anas.

APK yang dicopoti langsung dibawa ke kantor Panwascam masing-masing. Para caleg juga tampak membawa APK mereka ke rumahnya atau pos pemenangan masing-masing.


Simak juga video Saatnya Atribut Kampanye Pemilu Dibersihkan!:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com