detikNews
Senin 08 April 2019, 19:11 WIB

Lagi, Dua Turis Diamankan Karena Nekat Naik Kawah Bromo

M Rofiq - detikNews
Lagi, Dua Turis Diamankan Karena Nekat Naik Kawah Bromo Dua turis saat diamankan (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Turis kembali berulah di kawasan obyek wisata Gunung Bromo. Kali ini Pasangan Wisman (Wisatawan Mancanegara) asal Australia nekat menerobos zona aman 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.

Aksi nekat Wisman itu akhirnya terhenti setelah keduanya dipergoki Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Senin pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

Kedua wisman sempat tak mengindahkan imbauan petugas meski telah diperingatkan. Guna menjaga keselamatan keduanya, petugas pun akhirnya memberhentikan paksa langkah keduanya mendekat kawah aktif Gunung Bromo.

Aksi tegas petugas TNBTS itu pun, sempat direkam menggunakan kamera ponsel dengan durasi sekitar 20 detik.


Usai diberhentikan, kedua wisman kemudian diamankan petugas ke pos penjagaan pintu masuk TNBTS, yang berada di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo.

Dari interogasi petugas, diketahui keduanya masuk ke areal kaldera Gunung Bromo melewati jalur tikus yang kerap digunakan para ojek kuda, untuk berangkat dan pulang kerja.

Pasangan wisman asal Australia itu adalah Bennet Matthew Bruce dan seorang perempuan sekitar 23 tahun yang dia enggan menyebutkan namanya.

Kepala Resort Lautan Pasir Gunung Bromo Subur Hari Handoyo mengatakan kedua Wisman asal Australia itu masuk ke areal Taman Nasional Bromo Tengger tanpa membeli tiket atau ilegal.


Saat dipergoki petugas, keduanya tengah berada di bawah anak tangga menuju kawah Gunung Bromo. "Kita amankan karena menerobos zona aman, apalagi mereka masuk tanpa beli tiket, makanya kita tertibkan,"kata Subur.

Sementara usai dimintai keterangan, kedua wisman ini diwajibkan membeli tiket terlebih dulu jika ingin masuk ke area wisata alam Gunung Bromo. Petugas juga mengingatkan, agar keduanya tidak menerobos jarak aman.

Sebelumnya, dua turis juga diamankan karena nekat naik kawah Bromo. Bahkan turis tersebut sempat melakukan perlawanan dengan membanting petugas yang mencegahnya naik kawah.

Sebagai informasi, hingga saat ini kondisi gunung bromo masih dalam status waspada level 2, ketinggian abu vulkanik kisaran 100 sampai 600 meter dari bibir kawah. Untuk kegempaan tremor terus terjadi, dengan amplitudo 0.5 sampai 31 milimeter dominan 2 milimeter.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed