Bawaslu Sumenep Investigasi Viral Surat Pernyataan Kades Dukung Jokowi

Suki Nurhalim, Budi Hartadi - detikNews
Senin, 01 Apr 2019 12:35 WIB
Kantor Bawaslu/Foto: Rengga Sancaya
Surabaya - Surat pernyataan seorang kades di Sumenep, Madura, memberikan dukungan ke capres beredar di twitter. Surat tersebut menjadi bahan perbincangan karena mendukung paslon nomer 1 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Bawaslu Sumenep turun tangan untuk mengecek kebenaran dari surat tersebut.

Surat pernyataan yang viral itu ditandatangani di atas materai oleh salah seorang kepala desa di Kabupaten Sumenep. Surat tersebut mencuri perhatian warga net.

"Kami dan warga menyatakan kesiapan untuk menyukseskan terlaksananya Pemilu 2019 dengan mendukung Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI periode 2019-2024 No 1, Ir H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin," berikut sepenggal pernyataan dalam surat tersebut.

Surat viral Kepala Desa Dukung Jokowi yang sedang diinvestigasi Bawaslu SumenepSurat viral Kepala Desa Dukung Jokowi yang sedang diinvestigasi Bawaslu Sumenep Foto: Screenshot Twitter


Merujuk pada surat pernyataan tersebut, surat itu ditandatangani kades pada 25 Februari lalu. Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak kepala desa perihal surat dukungan tersebut. Redaksi masih terus berupaya mengontak si kepala desa.



Sementara Bawaslu Kabupaten Sumenep menyatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya surat dukungan tersebut. Namun Bawaslu sudah melihat surat dukungan yang beredar di media sosial.

"Kami sudah menurunkan tim untuk investigasi dan memastikan kebenaran informasi tersebut. Kami lakukan sejak Sabtu kemaren begitu mendapat informasi tersebut yang viral di medsos," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sumenep Anwar Noris, saat dihubungi detikcom via telpon seluler, Senin (1/4/2019) siang.


Saksikan juga video 'Eks Kapolsek Ngaku Diminta Dukung Jokowi, Kapolres Garut Klarifikasi':

[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)