Latihan Taruna di Jalanan Surabaya Bareng dengan UNBK, Mengganggu?

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 01 Apr 2019 10:13 WIB
Latsitardanus 2019 bersamaan dengan UNBK (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) 2019 dihelat di Gedung Negara Grahadi. Hal ini bersamaan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dalam pembukaan ini, beberapa pihak pun turut meramaikan. Mulai dari TNI, Polri, beberapa unsur pemerintahan hingga pelajar dan mahasiswa. Sejumlah alat marching band pun turut disiapkan untuk meramaikan acara.

Namun, apakah hal ini mengganggu jalannya ujian? Pasalnya, di sekitar Grahadi ada dua sekolah yang menyelenggarakan ujian yakni SMAN 6 Surabaya dan SMA Trimurti.

Pihak SMAN 6 Surabaya pun angkat bicara. Humas SMAN 6 Yatimun mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa antisipasi agar jalannya UNBK tak terganggu dengan acara LATSITARDA.

"Alhamdulillah kita sudah koordinasi memang dari hari Jumat itu pihak garnisun sudah ke sekolah. Dan garnisun bersama polrestabes sudah memberi tahu kita antisipasi itu. Salah satunya kalau murid SMAN 6 bisa lewat pintu belakang, jadi dari arah timur Jalan Pemuda dari Yos Sudarso langsung belok kiri di belakangnya DPRD Surabaya langsung sudah sampai sekolah," papar Yatimun di SMAN 6 Surabaya, Senin (1/4/2019).


Foto: Hilda Meilisa Rinanda


Saat ditanya terkait gangguan yang bisa saja terjadi dan dirasakan para murid, Yatimun juga mengatakan pihaknya memiliki beberapa antisipasi. Misalnya saja menggunakan ruang ujian yang lokasinya sedikit ke belakang dari jalan agar tidak terdengar bising.

"Insyaallah gangguan itu minim karena kebetulan ruangan kita itu berada di gedung kedua dari depan, kemudian di depan itu ada halaman. Jadi Insyaallah kalau keganggu itu minim, karena memang desain kita anak-anak kita taruh di Gedung yang agak belakang," imbuhnya.

Sementara itu, sesuai jadwal yang ditetapkan, mata pelajaran ujian hari pertama yakni Bahasa Indonesia. Untuk UNBK di SMAN 6 ini ada dua sesi. Sesi pertama pukul 07.30 WIB hingga 09.30. Untuk sesi kedua yakni pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB.

Pihak sekolah juga memperkirakan berakhirnya pelaksanaan UN hari ini akan bersamaan dengan dibukanya upacara Latsitarda. Yatimun juga menyarankan untuk murid di sesi pertama yang hendak pulang, orang tua bisa menjemput melalui pintu belakang sekolah.

Sementara itu, pantauan di lokasi, Jalan Gubernur Suryo sudah ditutup. Beberapa petugas juga telah mensterilkan jalan. Selain itu, ada pula peserta drumband yang tampak brsiap-siap untuk Pembukaan Latsitarda 2019. (hil/iwd)