detikNews
Minggu 31 Maret 2019, 18:37 WIB

Keluarga Bung Tomo Donasikan Rumah untuk Pemenangan Prabowo-Sandi

Muhammad Aminudin - detikNews
Keluarga Bung Tomo Donasikan Rumah untuk Pemenangan Prabowo-Sandi Sandiaga di Malang/Foto: Deny Prastyo Utomo
Malang - Dukungan diberikan keluarga pahlawan nasional Bung Tomo kepada Prabowo-Sandiaga. Mereka mendonasikan rumah di Jalan Ijen 6, Kota Malang, sebagai pemenangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019. Waqaf diberikan langsung oleh putri bungsu Bung Tomo, Ratna Sulistami Sutomo.

"Kami terima kasih kepada Bu Nana (Ratna Sulistami) dan keluarga besar Bung Tomo yang sudah mendonasikan rumahnya untuk perjuangan Prabowo-Sandi yang menghadirkan Indonesia adil dan makmur," ungkap Sandiaga usai peresmian rumah Bung Tomo sebagai pemenangan Prabowo-Sandiaga di Jalan Ijen 6, Kota Malang, Minggu (31/3/2019).

Sandiaga mengaku sangat bergetar mendengarkan pidato Bung Tomo, saat menggelorakan semangat pemuda di Surabaya untuk melawan penjajah. Bung Tomo saat itu adalah sosok pemuda yang masih berusia 20 tahun, namun berani dan memiliki tekad berjuang untuk Indonesia merdeka.

"Saya bergetar tadi, ketika mendengar pidatonya Bung Tomo. Anak-anak muda saat itu, sudah menjadi bagian mempertahankan kemerdekaan. Kini saatnya, anak-anak muda sekarang turut mempertahankan kemerdekaan di sisi ekonomi," harapnya.


Sekilas Sandiaga mendengar, bahwa sosok Bung Tomo memiliki kepedulian akan kedaulatan ekonomi Indonesia di masa itu. Dengan mendirikan beragam usaha, salah satunya industri sabun yang dianggap mirip dengan program peningkatan kesejahteraan masyarakat yakni Oke Oce.

"Bung Tomo sampai bisa membeli rumah ini dari hasil usahanya. Mendirikan industri sabun dengan melibatkan abang becak, mirip dengan Oke Oce," kata Sandiaga bangga.

Pada zaman perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan, lanjut Sandi, Bung Tomo mengajar untuk tidak pantang menyerah. Dan semangat disertai doa itu terwujud, Indonesia bebas dari penjajahan.

"Buktinya bisa, apa yang disemangatkan Bung Tomo untuk para pemuda Indonesia waktu itu. Karena diajarkan untuk tidak pantang menyerang, meski yang dilawan Maha Kuat yakni asing," cetus Sandiaga.


Secara terpisah putri bungsu Bung Tomo, Ratna Sulistami Sutomo menyatakan, donasi berupa memberikan rumah Bung Tomo di Jalan Ijen 6, Kota Malang, sebagai pemenangan Prabowo-Sandiaga akan berakhir sampai 17 April 2019 mendatang.

"Kita donasikan rumah ini, untuk pemenangan Prabowo-Sandiaga sampai 17 April nanti saja," tegas Ratna.

Para pahlawan, kata dia, sudah memberikan rekam jejak yang mulia bagi bangsa Indonesia. Tinggal bagaimana para milenial memberikan reputasi yang baik untuk lingkungannya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed