detikNews
Kamis 28 Maret 2019, 20:41 WIB

Cari Kaya Lewat Penipuan Arisan Online, Sepasang Kekasih Ini Diamankan

Charoline Pebrianti - detikNews
Cari Kaya Lewat Penipuan Arisan Online, Sepasang Kekasih Ini Diamankan Polisi menunjukkan bukti kasus arisan online (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Sepasang kekasih asal Ponorogo, DL (21) dan ZM (23) diamankan. Diduga keduanya melakukan penipuan berkedok arisan online lewat instagram.

Kasus ini terungkap usai salah satu anggota arisan mencurigai tidak adanya uang yang dibagi ke anggota meski mereka sudah menyetor uang. Kecurigaan bertambah saat terduga pelaku menghapus akun instagram serta grup WhatsApp yang biasa digunakan untuk bertransaksi.

Korban yang berasal dari Bandung pun membuat laporan di Mapolresta Bandung. Serta menelusuri rekening terduga pelaku dan didapati ternyata warga Ponorogo.

Selain melapor ke polisi, anggota arisan lain pun mencoba menelusuri keberadaan terduga pelaku di Ponorogo. Saat bertemu pun ternyata selama ini rekening yang digunakan untuk bertransaksi bukan milik terduga pelaku melainkan milik temannya.


Akhirnya terduga pelaku yang merupakan sepasang kekasih ini pun diamankan di Polres Ponorogo demi menghindari perselisihan.

"Kita tahunya dari instagram cewek perlu, di sana anggotanya ada 200 orang dari berbagai kota di Indonesia, saya percaya saja soalnya anggota disuruh nyantumin KTP, SIM dan nomor rekening," tutur salah satu korban asal Surabaya Feri Firmansyah saat ditemui di Polres Ponorogo, Jalan Bhayangkara, Kamis (28/3/2019).

Feri mengaku sudah mengikuti arisan ini sejak akhir 2018 lalu. Dia ikut arisan dengan setoran per hari, per minggu dan per bulan. Total dia kehilangan Rp 10 juta.

"Harapannya uang bisa kembali dan pelaku bisa dipidanakan," terang dia.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menambahkan pihaknya saat ini tengah mengamankan sepasang kekasih terduga pelaku penipuan berkedok arisan online.


"Saat diamankan didalam rekening tabungan terduga pelaku ada Rp 200 juta serta 1 unit mobil hasil uang arisan," jelasnya.

Sepasang kekasih ini, lanjut Radiant, sengaja diamankan karena takut terjadi perselisihan dengan para korban. Sembari menunggu penyidik Mapolresta Bandung ke Ponorogo.

"Kami menunggu laporan warga Ponorogo jika ada yang tertipu segera lapor agar bisa kami tangani jika tidak terduga pelaku kami kirim ke Bandung untuk penyelidikan lebih lanjut disana," pungkas Radiant.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed