detikNews
Kamis 28 Maret 2019, 16:03 WIB

Pensiunan Perawat di Blitar Ini Pakai Jasa Perantara Gaet Calon Pasien

Erliana Riady - detikNews
Pensiunan Perawat di Blitar Ini Pakai Jasa Perantara Gaet Calon Pasien Ilustrasi/Foto: Mindra Purnomo
Blitar - Pensiunan perawat yang melayani aborsi rupanya menggunakan jasa perantara untuk mencari calon pasien. Dari tarif yang diminta Rp 5 juta, perantara akan mendapat bagian sebesar Rp 3,5 juta.

Fakta ini terungkap di hari kedua penyidikan dugaan praktek aborsi ilegal yang menghebohkan Kota Blitar. Dalam pengakuan terlapor, perantara ini merupakan pasangan suami istri yang masih ada hubungan kerabat.

Selain pensiunan perawat dengan inisial N, dua orang yang diduga perantara ini telah dipanggil ke Mapolresta Blitar untuk diminta keterangan.


"Saat penggerebekan berlangsung, ada beberapa orang di rumah itu. Kami akan panggil mereka semua sebagai saksi. Termasuk pasangan suami istri yang diduga sebagai perantara jasa aborsi terlapor," kata Kasatreskrim Polresta Blitar, AKP Heri Sugiono di kantornya, Kamis (28/3/2019).

Pensiunan perawat yang telah berusia 80 tahun ini, minimal menerima satu pasien dalam sebulan. Sekali praktek aborsi dilakukan, N mematok tarif Rp 5 juta.

"Tarifnya sekali aborsi Rp 5 juta. Hasilnya dibagi. N dapat Rp 1,5 juta dan pasangan perantara itu dapat Rp 3,5 juta," ungkap Heri.


Polisi melakukan penggerebekan sebuah rumah di Kota Blitar. Dari laporan warga, rumah itu diduga digunakan untuk praktek aborsi ilegal. Warga merasa curiga, karena rumah tua itu sering didatangi wanita dewasa.

Saat polisi menggerebek, mereka menjumpai wanita berusia 21 tahun yang kondisinya hamil 4 minggu. Ada ceceran darah segar di tempat tidur yang didudukinya. Sementara, seorang wanita tua berkursi roda mengaku akan melakukan aborsi pada wanita muda itu.

Belakangan diketahui, jika manula itu merupakan pensiunan perawat. Sejak pensiun sekitar 24 tahun yang lalu, dia mengaku melayani praktek aborsi, namun tidak dilengkapi izin dari instansi berwenang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com