DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 10:52 WIB

Nobar Film Pohon Terkenal, Kapolresta Kediri: Siapapun Bisa Jadi Polisi

Andhika Dwi - detikNews
Nobar Film Pohon Terkenal, Kapolresta Kediri: Siapapun Bisa Jadi Polisi Polresta Kediri gelar Nobar film Pohon Terkenal/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Polresta Kediri mengajak forkopimda, pelajar dan orang tua nonton bareng film 'Pohon Terkenal'. Harapannya, semakin banyak yang percaya jika semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang polisi.

Pohon Terkenal merupakan film yang disutradarai Monty Tiwa. Film itu menceritakan tentang kehidupan Bara Maulana yang diperankan aktor Umay Shahab. Seorang lulusan SMA yang awalnya belum memiliki pandangan tentang masa depan. Namun tiba-tiba ia bernazar akan mendaftar ke Akademi Kepolisian (Akpol) sesuai dengan keinginan ibunya yang kala itu sedang sakit.

Akhirnya Bara bertemu dengan seorang Taruni Akpol, Ayu Sekarwati (Laura Theux) dan Taruna Johanes Solossa (Raim Laode). Ketiganya memiliki cerita dan kisah yang menginspirasi selama hidup di Akpol. Dalam sebuah angkatan pendidikan Akpol pasti ada yang mendapatkan julukan Pohon Terkenal, sebuah gelar yang diberikan kepada Taruna/Taruni Akpol yang sering membuat ulah.


Usai menyaksikan film Pohon Terkenal, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu mengaku film tersebut memberikan edukasi untuk para pelajar yang ingin masuk Akademi Kepolisian.

"Dalam masuk Akpol itu tidak ada prioritas khusus, jadi semua sama. Sekarang ini juga sudah ada Taruni sejak tahun 2008. Sehingga dimungkinkan tidak hanya putra saja tapi putri juga bisa masuk jadi Taruni. Tadi digambarkan ada Taruni anak jenderal tapi dalam pendidikan diperlakukan sama. Ini adalah satu motivasi atau peluang untuk masuk Akpol," ujar Budwi, Selasa, (26/3/2019)

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menjelaskan, film Pohon Terkenal itu ditujukan untuk menyemangati adik-adik yang masih duduk di bangku SMA untuk mendaftar ke Akademi Kepolisian karena sifatnya terbuka dan siapapun memiliki kesempatan yang sama.


"Siapapun bisa diterima di Akademi Kepolisian asal sesuai dengan persyaratan dan melalui tes-tes yang ada. Dari siapapun, dari kalangan manapun bisa mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian," kata Anthon.

Tidak mau ketinggalan, Dandim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno turut menceritakan pesan-pesan di balik film tersebut. "Film Pohon Terkenal tadi menarik sekali. Tentunya ini menjadi motivasi dan semangat generasi muda untuk ikut memiliki cita-cita dalam membela bangsa dan negara salah satunya di Akpol ini. Ternyata di dalamnya penuh dengan dinamika, tidak menyeramkan seperti yang dibayangkan selama ini. Sangat positif sekali," kata Dwi.

Acara nobar yang digelar di Bioskop Golden Kota Kediri tidak hanya diikuti ratusan anggota polisi dan para pelajar. Namun hadir pula ibu-ibu Bhayangkari serta perwakilan dari instansi pemerintah Kota Kediri.


Saksikan juga video Sejuta Kisah Akpol di Film ''Pohon Terkenal'':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed