Korban Tertimbun Longsor Gunung Kapur Jember Dipastikan Satu Orang

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 25 Mar 2019 19:55 WIB
Gunung kapur di Jember longsor/Foto: Istimewa
Jember - Jumlah korban tertimbun longsor Gunung Kapur di Jember dipastikan hanya satu orang. Meski saat kejadian banyak orang yang berada di sekitar lokasi, namun sebagian besar mereka berhasil menyelamatkan diri.

"Yang tertimbun satu orang dan belum bisa diketahui bagaimana kondisisnya. Kemudian 2 orang mengalami luka dan sempat mendapat perawatan," kata Camat Puger Moh. Winardi, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan, pada saat kejadian di lokasi tepatnya Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, memang banyak orang yang sedang berkumpul. Mereka merupakan pekerja tambang.

"Waktu itu kan masih pagi, jadi mereka belum bekerja. Mereka masih duduk-duduk, bahkan ada yang sedang sarapan," kata Winardi.


Saat itulah, lanjut dia, tiba-tiba dari atas gunung kapur ada batu-batu kecil berjatuhan. Selanjuntya terdengar suara gemuruh.

"Jadi tidak langsung longsor, ada tanda-tandanya. Yaitu tadi, ada kerikil kecil jatuh, kemudian ada suara gemuruh. Jadi sebagian besar masih berhasil menyelamatkan diri," terang Winardi.

Bahkan, sambung Winardi, ada yang sempat mengabadikan menggunakan kamera telepon seluler. "Karena tanda-tanda akan terjadi sesuatu sudah tampak, jadi ada yang sempat merekam dengan kamera ponsel," kata Winardi.

"Sekitar 12 orang berhasil lari dari lokasi, jadi mereka tidak mengalami luka sedikit pun," katanya.


Pagi tadi sekitar pukul 07.45 WIB, gunung kapur yang bersebelahan dengan dengan pabrik semen Puger longsor. Sebelum longsor dan menimbun satu penambang, warga mendengar suara gemuruh. Warga pun sempat mengabadikan detik-detik sebelum longsor itu terjadi.

Selain menimbun satu warga bernama Sucipto, warga Desa Loh Jejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, dua penambang juga mengalami luka. Mereka dibawa ke rumah sakit atas nama Ucok (28) warga Palembang, tinggal di Perumahan Kecamatan Puger, dan Hasan (30) warga Desa Kasiyan, Kecamatan Puger. (fat/fat)