DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 13:49 WIB

Tinggi Semburan Bromo Turun, Tapi Abunya Tetap Papar Desa Sekitar

M Rofiq - detikNews
Tinggi Semburan Bromo Turun, Tapi Abunya Tetap Papar Desa Sekitar Abu vulkanik Gunung Bromo/Foto: M Rofiq
Pro - Tinggi semburan abu vulkanik Gunung Bromo menurun menjadi 300-900 meter saja. Meski begitu, paparan abu tersebut menghujani 9 desa di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo.

Penurunan tinggi semburan tampak jelas jika dibandingkan data PVMBG per Kamis (21/3/2019) pukul 06.00 WIB. Di mana tinggi asap dari kawah Bromo berada di angka 600-1000 meter.

Meski begitu, semburan abu yang disertai asap itu mengarah dan menghujani sembilan desa di Kecamatan Sumber. Seperti yang disampaikan Camat Sumber, Saniwar saat dihubungi detikcom.


Dari sembilan desa yang terpapar, lima di antaranya terbilang parah atau dengan hujan abu yang cukup tebal. Sedangkan empat desa lainnya hanya abu tipis. Lima desa yang dimaksud yakni Desa Wonokerso, Sumberanom, Ledokombo, Pandan Sari dan Tukul.

Menariknya, paparan abu vulkanik tidak mempengaruhi aktivitas warga. Warga yang mayoritas petani tetap pergi ke ladang. Kemudian para siswa para siswa tetap berangkat ke sekolah.

"Aktivitas warga sampai kini masih normal. Mereka beraktivitas sesuai kesibukannya masing-masing," kata Saniwar, Jumat (22/3/2019).

Untuk menyelamatkan para warga dari gangguan kesehatan yang disebabkan abu vulkanik, pihak kecamatan telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Probolinggo. Tidak tanggung-tanggung, pihaknya telah membagikan 12 ribu masker kepada marga.


"Untuk menjaga kesehatan warga, kecamatan bersama BPBD sudah membagikan masker ke warga, kemarin," imbuhnya.

Ketika ditanya mengenai dampak abu vulkanik untuk pertanian warga, sang camat mengaku belum mendapat laporan dari warga. Menurut data dari PVMBG per Jumat(22/3/2019) pukul 06.00 WIB, tinggi asap dari kawah Bromo berada di angka 300-900 meter. Asap kawah bertekanan lemah, sedang hingga kuat. Kemudian teramati berwarna kelabu, cokelat dan hitam dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal.

Hingga saat ini status Gunung Bromo masih berada di level II atau waspada. Yakni dengan jarak aman radius 1 km dari bibir kawah.



Simak juga video Uji Adrenalin! Ngegas Royal Enfield di Tengah Erupsi Bromo:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed