DetikNews
Kamis 21 Maret 2019, 21:11 WIB

Ahmad Dhani Terjerat Kasus Pencemaran Nama Baik atau Penghinaan?

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Ahmad Dhani Terjerat Kasus Pencemaran Nama Baik atau Penghinaan? Ahmad Dhani di PN Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian menyebut keterangan saksi ahli bahasa meringankan terdakwa. Bahkan menurutnya, Dhani tidak terjerat kasus pencemaran nama baik melainkan hanya penghinaan.

"Ahli forensik linguistik yang dihadirkan oleh JPU, meskipun berbelit-belit, terlihat tidak objektif dan kesannya diarahkan, tapi kita mendapatkan poinnya," kata Aldwin usai persidangan di Ruang Cakra, Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (21/3/2019).

Dalam sidang lanjutan kasus pencemaran nama baik yang menjerat Dhani, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan saksi Ahli Bahasa dari UPN Surabaya, Endang Sulihatin. Menurut Aldwin apa yang disampaikan Endang meringankan karena terdakwa bisa terlepas dari jeratan pasal pencemaran nama baik.


"Bahwa video yang dimaksud telah disepakati. Bahwa kata idiot itu kata penghinaan, bukan menuduhkan perbuatan. Kenapa poin itu bisa meringankan, karena dalam tuduhan pasal 27 ayat 3 UU ITE yang merujuk pada pasal 37 dan 311 KUHP, yang dimaksud menyebarkan tuduhan pencemaran nama baik adalah menuduhkan satu perbuatan bukan penghinaan," papar Aldwin.

Ia menambahkan, kata 'idiot' dan 'dungu' merupakan kata sifat yang lebih condong pada penghinaan ringan di Pasal 315 KUHP. "Pasal itu hukuman ringan hanya empat bulan," imbuh Aldwin.


Kemudian Aldwin menjelaskan, Pasal 310 dan 311 merujuk pada tindakan menuduhkan suatu perbuatan. Contohnya, seseorang dituduh sebagai koruptor padahal tidak korupsi sehingga nama baiknya tercemar.

"Jadi tidak bisa dijerat, Saudara Ahmad Dhani dengan tadi (pasal) dan ini diperkuat oleh ahli bahasa yang menyatakan bahwa ini mengandung unsur penghinaan bukan menuduhkan perbuatan. Bukan mencemarkan nama baik. Bagi kami keterangan ahli ini sangat meringankan," pungkas Aldwin.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed