detikNews
Kamis 21 Maret 2019, 14:17 WIB

Produk Pertanian Jatim Rp 28 M Diekspor, Mulai Daun Kelor Hingga Sarang Walet

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Produk Pertanian Jatim Rp 28 M Diekspor, Mulai Daun Kelor Hingga Sarang Walet Gubernur Khofifah antar barang ekspor/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Khofifah Indar Parawansa melepas sejumlah produk pertanian dari Jatim untuk diekspor dengan nilai Rp 28,174 Milyar. Salah satunya yakni daun kelor yang memiliki pasar di Korea Selatan.

Seperti data yang dihimpun detikcom, daun kelor yang diekspor mencapai 12 ton. Daun tersebut dijual Rp 20 ribu per kg.

"Ada yang menarik menurut saya daun kelor. Daun kelor ini ternyata pangsa pasarnya di Korea Selatan," kata Khofifah usai melepas sejumlah produk ekspor di Kantor Terminal Peti kemas Surabaya (TPS), Kamis (21/3/2019).


Selain itu, Khofifah juga menyebut sarang burung walet yang memiliki banyak peminat di luar negeri. Menanggapi hal itu, Khofifah menambahkan ekspor menjadi bagian penting dalam meningkatkan perekonomian.

"Kemudian ada sarang burung walet (yang diekspor). Saya ingin menyampaikan pada teman semua bahwa ekspor ini menjadi bagian penting untuk bisa datangkan devisa. Ekspor jadi bagian penting untuk mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi di Jatim," imbuhnya.
Gubernur Khofifah antar produk pertanian untuk dieksporGubernur Khofifah antar produk pertanian untuk diekspor Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Untuk itu, Khofifah mengajak para eksportir untuk membangun kerja sama. Terutama di sektor agro. Khofifah menyebut produk para petani di Jatim cukup melimpah, namun membutuhkan pendampingan untuk menjaga kualitas ekspor.


"Banyak petani kita yang punya produk yang perlu mendapatkan pendampingan untuk bisa disertifikasi. Supaya memenuhi standar yang bisa diekspor," ujar Mantan Menteri Sosial itu.

"Maka antara Balai Besar Karantina Surabaya kemudian dari Dinas Perindag ini menjadi penting untuk menjadi strong partnership. Dengan para eksportir dengan para petani atau sektor yang bisa menjadi komoditas andalan eskpor kita," lanjutnya.

Selain daun kelor yang diekspor ke Korea Selatan dan sarang walet yang diekspor ke Hongkong, ada susu merek Greenfield yang dikirim ke Malaysia. Kemudian Plywood ke Singapura, margarine dan minyak ke Ghana, gagang cengkeh ke Kanada serta kopi ke Belgia.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com