DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 17:57 WIB

BNPB Pantau Aktivitas Gunung Bromo yang Semburkan Abu Vulkanik

M Rofiq - detikNews
BNPB Pantau Aktivitas Gunung Bromo yang Semburkan Abu Vulkanik BNPB Pusat melakukan pemantauan aktivitas Gunung Bromo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat melakukan pemantauan aktivitas Gunung Bromo. Pemantauan dilakukan dari Bukit Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Deputi Logistik BNPB Rudi Patmanto mengatakan pihaknya memastikan kesiapsiagaan menyusul adanya semburan abu vulkanis Gunung Bromo.

Kesiapsiagaan BNPB berlaku untuk 4 daerah, yang berada di lingkar Gunung Bromo meliputi Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo.

"Tentunya BNPB selalu siap dan bersiaga, mengantisipasi hal-hal yang bisa terjadi. Semua perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat, untuk keselamatan sudah ada," kata Rudi kepada detikcom di lokasi, Jumat (15/3/2019).


Foto: M Rofiq


Selain BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang juga ikut meninjau langsung kondisi Gunung Bromo.

Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiawan menyebut, ada tiga Kecamatan di Kabupaten yang sempat terpapar abu vulkanis Gunung Bromo yakni Poncokusumo, Jabung, dan Tumpang.

"Sampai saat ini aktivitas Gunung Bromo masih aman, namun pengunjung tetap harus berada di titik aman agar tidak membahayakan," jelasnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini status Gunung Bromo masih berada di level II atau Waspada. Jarak aman bagi pengunjung sekitar 1 kilometer dari bibir kawah.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed