DetikNews
Selasa 12 Maret 2019, 13:31 WIB

Tim Arkeolog Mulai Ekskavasi Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Tim Arkeolog Mulai Ekskavasi Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang Salah satu arkeolog melakukan ekskavasi situs (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mulai melakukan ekskavasi situs yang ditemukan di tengah tol Pandaan-Malang. Tim berjumlah 11 orang ini akan meneliti selama 5 hari ke depan. Untuk sementara struktur dinding batu kuno telah ditemukan.

"Kami baru mulai ekskavasi, tim berjumlah 11 orang, ada mahasiswa dan dosen juga. Kita akan mengkaji selama lima hari dan baru bisa mengetahuinya," ungkap arkeolog BPCB Wicaksono Dwi Nugroho kepada wartawan di lokasi penggalian, Selasa (12/3/2019).

Dikatakan Wicaksono, beberapa tahapan akan dilakukan selama proses ekskavasi. Untuk sementara bagian dinding dari struktur batu bata sudah ditemukan dan mengarah ke barat daya.

"Sudah bisa kami lihat bagian dinding batu bata yang mengarah ke barat daya, jadinya kami petakan untuk penggalian ke arah itu saat ini," ujarnya.


Situs di tengah proyek Tol Pandaan-Malang mulai diekskavasiSitus di tengah proyek Tol Pandaan-Malang mulai diekskavasi (Foto: Muhammad Aminudin)


Tim arkeolog sudah membuat peta penggalian di bagian permukaan atas dari struktur bata batu kuno yang sebelumnya ditemukan. Bagian tebing juga tak luput dari penggalian untuk mengungkap lebih jauh dari susunan batu bata.

"Untuk luasnya sampai berapa belum tahu, sementara bagian permukaan ini kita gali, ada beberapa titik. Semua mengikuti dari bagian dinding yang terlihat sebelumnya," beber Wicaksono.

Selain penggalian, tim arkeolog juga menelusuri cerita-cerita dari masyarakat setempat. Sementara diketahui jika lokasi situs sejak dulu telah dikeramatkan.

"Informasi sementara dari cerita masyarakat, tempat ini dulunya dianggap sakral atau punden. Kita terus mendalami, bersamaan dilakukan ekskavasi," tandas Wicaksono.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed