Polisi Ringkus Pelaku Curanmor Spesialis Sawah dan Perkebunan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 11 Mar 2019 21:11 WIB
Pelaku curanmor di Malang/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Subdit III Jatanras Polda Jatim meringkus dua pelaku pencurian motor dan satu penadah. Para pelaku merupakan spesialis pencuri kendaraan roda dua di daerah persawahan dan perkebunan.

Dua tersangka yang melakukan aksinya yakni Mulason (29) warga Sidoluhur, Lawang, Malang dan Yudin (31) warga Srigading, Lawang, Malang. Sementara sang penadah yakni Latip (37) warga Srigading, Lawang, Malang.

"Kita mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua di daerah persawahan dan perkebunan. Dua tersangka pencurinya Lason, Yudin dan penadah Latip," kata Kasubdit III Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (11/3/2019).


Leonard menambahkan, setiap pagi kedua pelaku hunting menggunakan motor dan berboncengan mengitari area perkebunan di Malang. Mereka memanfaatkan kelengahan petani yang kerap memarkir motornya di pinggir jalan tepi sawah. Kemudian petani meninggalkan motor miliknya untuk menanam padi di tengah sawah.

"Pada pagi sampai siang hunting menggunakan motor ke kebun-kebun melihat kendaraan parkir para petani yang kerja di ladang, umumnya kan diparkir jauh. Ini di Malang beberapa kecamatan Lawang Singosari," imbuh Leonard.

Selanjutnya, kedua pelaku membobol kunci motor tersebut. Meski telah dikunci setir, keduanya bisa membobol motor menggunakan kunci T.


"Mereka hunting, sudah melihat sasaran motor yang terparkir. Salah satu turun menggunakan kunci T dan diambil dan dibawa keluar. Motornya rata-rata matic maupun motor bebek," paparnya

Hasil aksi kejahatannya itu mereka jual ke penadah. Harganya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Selain itu, kadang mereka juga menjual langsung ke pembeli.

Untuk barang buktinya, polisi telah menyita 17 motor hingga handphone yang digunakan pelaku dalam berkomunikasi. Hingga saat ini masih ada satu lagi DPO yang masih dalam pengejaran polisi.

"Ini berdasarkan barang bukti ada 17 kendaraan roda dua, berbagai sarana hasil curian," pungkasnya. (sun/bdh)