detikNews
Jumat 08 Maret 2019, 20:24 WIB

Khofifah Minta Relawan Tetap di Lokasi Banjir Hingga 3 Hari ke Depan

Hilda Meilisa - detikNews
Khofifah Minta Relawan Tetap di Lokasi Banjir Hingga 3 Hari ke Depan Foto: Sugeng Harianto
Surabaya - Dalam masa tanggap darurat banjir, Gubernur Khofifah Indar Parawansa meminta para relawan untuk tetap di lokasi banjir. Minimal untuk tiga hari ke depan

Dari data yang diperolehnya, banjir yang terjadi di 15 Kabupaten dan Kota di Jatim sudah berangsur surut. Sementara banjir di Tol Madiun-Ngawi KM 603 hingga KM 604 juga terpantau surut dan sudah dapat dilewati.

"Harapan kita adalah proses tanggap darurat ini bisa antisipasi oleh semua tim, baik dari provinsi maupun dari kabupaten kota yang terdampak," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/3/2019).


Permintaan Khofifah pada relawan untuk tetap tinggal tiga hari ke depan ini untuk membantu masyarakat bersih-bersih. Khofifah mencontohkan, masyarakat yang habis terkena banjir akan membutuhkan banyak hal untuk bersih-bersih.

"Saya mohon relawan dalam waktu sampai tiga hari ini masih di lokasi karena mungkin ada bersih-bersih rumah yang butuh selang, butuh karbol, dan seterusnya," ucapnya.

"Kalau banjir, sumur harus dibersihkan, dikuras misalnya kalau dikuras pasti kita butuh pompa berarti pompanya harus gantian. Nah hal-hal seperti ini, yang tidak pernah melihat bagaimana sebetulnya korban banjir, tidak bisa merasakan kalau kemudian di rumah itu misalnya perabotnya kotor kemudian pecah belahnya piring, mangkok, gelas itu pada berlumpur, itu kan bisa frustasi kalau tidak support selang dengan air yang cukup," papar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk tetap tinggal di daerah Mataraman. Misalnya untuk memperbaiki beberapa jalan rusak akibat banjir.


"Saya minta dinas PU itu tetap akan di daerah mataraman sama BPBD. Saya minta Sekda sudah membagi, ada jalan yang patah hanya cukup berbahaya di Pacitan, jadi itu harus segera dicari solusi supaya tidak membahayakan bagi pengguna jalan terutama pada malam hari," lanjutnya.

Tak hanya itu, Khofifah mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri PUPR untuk mencari solusi jangka pendek dan jangka panjang.

"Pada titik-titik di mana saya kemarin bertelepon dengan Pak Menteri PUPR minta dikirim tim apa yang bisa mencari solusi jangka pendek, maupun jangka panjang strategis permanen," pungkasnya.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed