Sawah Terendam Banjir, Dinas Pertanian: Tak Pengaruhi Stok Beras

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 18:00 WIB
Banjir merendam lahan persawahan/Foto: Ainur Rofiq/File detikcom
Surabaya - Ratusan hektar sawah di 15 kabupaten dan kta Jatim terendam banjir. Meski begitu, Dinas Pertanian Jatim menegaskan banjir tak akan mempengaruhi stok beras.

Kepala Dinas Pertanian Jatim Hadi Sulistyo mengatakan lahan sawah yang terdampak banjir tidak lebih dari 1% atau tepatnya hanya 0,24%. Dia menyebut lahan pertanian di Jatim luasnya mencapai 1,1 juta hektare, sementara yang terendam banjir hanya ratusan hektare saja.

"Lahan pertanian di Jatim 1,1 juta hektar. Yang terkena dampak banjir ini sementara 0,24%. Jadi jauh sekali untuk mempengaruhi produk beras di Jatim," papar Hadi saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (8/3/2019).


Sementara saat ditanya terkait upaya recovery sawah usai banjir, Hadi menambahkan petani bisa menukarkan Asuransi Tani. Nantinya pihak Jasindo akan mengganti biaya perbaikan bagi sawah yang kerusakannya mencapai 70%.

"Ini kita lagi data buat recovery yanh ikut asuransi itu, kalau kerusakannya minimal 70% itu akan diganti oleh Jasindo. Bagi mereka yang ikut asuransi," imbuh Hadi.

Tak hanya itu, Hadi menjelaskan dana perbaikan ini sementara datang dari APBN. Karena, dana cadangan recovery sudah cukup habis dan hendak mengajukan untuk APBD.


"Ini sementara dari APBN, karena Jatim cadangannya sudah habis, nanti kita ajukan di APBD ini," pungkasnya. (hil/fat)