detikNews
Rabu 06 Maret 2019, 14:27 WIB

Tukang Pijat yang Nyaleg Tak Kapok Meski Pernah Gagal 2 Kali

Enggran Eko Budianto - detikNews
Tukang Pijat yang Nyaleg Tak Kapok Meski Pernah Gagal 2 Kali Hasymi saat memijat (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Tukang pijat asal Mojokerto ini tidak kapok menjadi seorang caleg meski sudah dua kali gagal. Yakni pada Pileg 2009 dan 2014.

Tukang pijat yang dimaksud adalah Hasymi Munahar (51). Ia tinggal di sebuah kontrakan di Perumahan Wikarsa, Desa Kenanten, Puri, Kabupaten Mojokerto. Sedangkan di KTP, ayah dua anak itu tercatat sebagai warga Lingkungan Sinoman gang 1, Kelurahan Miji, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

"Pileg 2009 dan 2014 saya gagal terpilih. Jadi, ini pencalonan saya yang ketiga kalinya," kata Hasymi kepada detikcom saat memijat pasien di Desa/Kecamatan Sooko, Mojokerto, Rabu (6/3/2019).


Dalam Pileg 2009, Hasymi maju melalui Partai Matahari Bangsa. Kala itu ia memilih bertarung di dapil Kecamatan Magersari. Sementara pada Pileg 2014 ia maju bersama Partai NasDem di dapil Kecamatan Prajurit Kulon.

Pada pencalonan pertama dan ke dua, Hasymi menggunakan strategi pijat gratis untuk menarik mendulang suara. Selama masa kampanye, tarif gratis itu Hasymi berikan kepada para pasien di dapil tempat dia bertarung.

Sedangkan di Pileg 2019, Hasymi mencalonkan diri melalui PAN untuk Dapil 2 Kecamatan Kranggan. Berbeda dengan 2 Pileg sebelumnya, kali ini Hasymi tidak menggratiskan jasa pijatnya.


"Kalau sekarang ini khusus warga Kranggan saya tak memasang tarif, seikhlasnya saja, tak bayar juga tak masalah. Hitung-hitung sambil kampanye," imbuhnya.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Mojokerto Imam Buchori mengatakan, perolehan suara Hasymi tergolong minim di 2 Pileg sebelumnya. Pada Pileg 2009, dia maju melalui Partai Matahari Bangsa hanya meraup 19 suara.

"Tahun 2014 maju melalui Partai NasDem, beliau mendapatkan 24 suara," tandasnya.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com