Nyepi, KPID Imbau TV, Radio di Situbondo dan Banyuwangi Tak Siaran

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 06 Mar 2019 11:45 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Menjelang Hari Raya Nyepi, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur menulis beberapa imbauan untuk stasiun TV dan radio di Situbondo dan Banyuwangi.

Imbauan ini berisi agar stasiun TV dan radio untuk tidak bersiaran sementara pada Hari Raya Nyepi. Imbauan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Kominfo.

"Mempertimbangkan surat edaran Menteri Kominfo Republik Indonesia Nomor 01 tahun 2019 tanggal 22 Februari 2019 tentang imbauan tidak bersiaran (off air) pada hari raya Nyepi tahun 2019 di wilayah Provinsi Bali," tulis Ketua KPID Jatim Ahmad Afif Amrullah dalam siaran pers yang diterima detikcom di Surabaya, Rabu (6/3/2019).

Imbauan ini dilakukan selama dua hari, mulai Kamis (7/3) pukul 06.00 WITA hingga Jumat (8/3) pukul 06.00 WITA. Selain itu, imbauan ini untuk radio dan TV di Banyuwangi dan Situbondo.


"KPID Jawa Timur mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran baik jasa penyiaran radio maupun televisi di Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo untuk menyesuaikan jangkauan siarannya, sesuai ketentuan yang berlaku terutama pada Kamis, 7 Maret 2019 pukul 06.00 WITA sampai dengan Jumat, 8 Maret 2019 pukul 06.00 WIB," lanjutnya.

Selain itu, KPID Jatim juga telah melakukan rapat koordinasi dengan KPID Bali dan Balai Monitor Spektrum frekuensi kelas 1 Surabaya. Dari hasil rapat tersebut, dibuatlah keputusan ini.

Hal ini juga terkait masukan masyarakat wilayah Banyuwangi, Situbondo ke Bali agar tidak terjadi luberan siaran.

"Hasil rapat koordinasi KPID Jawa Timur bersama KPID Bali dan Balai monitor spektrum frekuensi kelas 1 Surabaya pada tanggal 28 Februari 2019, dan masukan masyarakat terkait luberan siaran dari wilayah Banyuwangi dan Situbondo ke wilayah provinsi Bali, untuk menghormati kekhusyukan umat Hindu dalam melaksanakan ibadah pada Hari Raya Nyepi," pungkasnya. (hil/fat)