Ditanya Apa Bisa Berbahasa Jawa Saat Disidang, WN AS: Dereng

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 28 Feb 2019 18:51 WIB
Alex Daniel Gems saat menjalani sidang (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Alex Daniel Gems, seorang WN Amerika Serikat (AS) kembali menjalani sidang. Alex yang terjerat kasus narkoba ini menjalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa.

Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi itu, Alex tidak didampingi penerjemah. Ternyata pria 26 tahun tu telah menguasai bahasa Indonesia. Ia pun menjawab pertanyaan majelis hakim dengan lugas.

"Saya mengajar Bahasa Inggris di Darmo Kali," kata Alex kepada majelis hakim di ruang Garuda 1 Pengadilan Negeri Surabaya, Jalan Arjuno, Kamis (28/2/2019).

Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi tersenyum bangga melihat profesi Alex sebagai guru Bahasa Inggris. Namun hakim juga menyampaikan keprihatinannya bahwa Alex telah terjerumus narkoba.


"Pekerjaan anda membuat warga Surabaya pandai berbahasa Inggris. Namun perbuatan anda dalam perkara ini hukumannya berat bagi anda," ungkap Dwi Purwadi.

Fakta di persidangan, Alex ternyata telah memiliki istri orang Jawa asal Lamongan. Majelis hakim pun akhirnya menanyakan apakah terdakwa juga telah menguasai bahasa Jawa.

Dengan jawaban singkat, Alex menjawab, "dereng," yang sontak membuat seisi ruang sidang tertawa. Alex tidak sendirian menjadi terdakwa. Rekannya Edi Purwanto yang diketahui sebagai pengirim air mineral galon juga menjadi terdakwa dalam perkara ini.


"Sidang ditunda dua minggu pekan depan. Dengan agenda tuntutan yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum," ucap Dwi Purwadi sembari mengetuk palu.

Dalam kasus ini, Alex Daniel Gems Alex didakwa melanggar Pasal 114 Jo Pas 132 Jo Pasal 111 ayat (1) UU RI No 35 tentang narkotika.

Alex diamankan di apartemen di kawasan Tenggilis Mejoyo pada November 2018 silam usai pesta narkoba. Saat dilakukan pengeledahan, polisi menemukan 2 linting ganja dan sabu seberat 0,52 gram yang disimpan dalam atap kamar mandi. (fat/iwd)