DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 18:39 WIB

Puluhan Rumah di Ngunut Tulungagung Rusak Tersapu Puting Beliung

Adhar Muttaqin - detikNews
Puluhan Rumah di Ngunut Tulungagung Rusak Tersapu Puting Beliung Sebuah rumah tertimpa pohon (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang empat desa di Kecamatan Ngunut, Tulungagung. Akibatnya ratusan pohon tumbang serta puluhan rumah rusak. Seorang pengendara motor luka akibat tertimpa pohon.

Angin puting beliung tersebut menerjang Desa Ngunut, Gilang, kalangan dan Desa Sumberejowetan. Dampaknya atap rumah warga banyak yang beterbangan terbawa pusaran angin. Selain pohon-pohon berukuran besar tumbang dan mengenai rumah-rumah penduduk.

Salah seorang warga Agus Arimimbi, mengatakan puting beliung tersebut berlangsung sekitar 10 menit, saat itu di sekitar temnpat usahanya terjadi hujan deras, pada saat yang bersamaan muncul pusaran angin dari arah timur dan langsung menyapu pepohonan maupun bangunan yang dilintasi.

"Cuacanya itu gelap, kemudian ada semacam kabut putih. Ini warung saya kena semua, ada yang tertimpa pohon juga. Di belakang warung itu ada kandang ayam potong yang berisi ribuan roboh. Banyak sekali yang rusak di sekitar sini," kata Agus, Jumat (22/2/2019).

Tumbangnya ratusan pohon tersebut juga sempat menutup sejumlah akses jalan antar desa maupun antar kabupaten. Untuk membuka akses, petugas BPBD Tulungagung dibantu aparat TNI, Polisi dan warga bergotong royong menyingkirkan batang pohon yang melintang. Hingga Jumat petang proses pembersihan pohon tumbang masih dilakukan oleh tim gabungan.


Puting beliung robohkan pohon di pinggir jalan (Foto: Adhar Muttaqin)


Camat Ngunut, Rahadi mengatakan saat ini pemerintah masih melakukan pendataan dampak kerusakan rumah mauipun fasilitas umum akibat bencana tersebut. Pihaknya belum bisa memastikan jumlah bangunan yang rusak.

"Saat ini proses pendataan masih berlangsung, yang jelas kalau desa sementara ada empat yang terdampak, sedangkan rumah yang rusak kami perkirakan mencapai puluhan. Yang parah itu adalah rumah-rumah yang tertimpa pohon," ujar Rahadi.

Sementara itu Kapolsek Ngunut, Kompol Siti Nurinsana Natsir, mengatakan bencana puting beliung tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun pihaknya mengakui ada seorang pengendara sepeda motor yang tertimpa pohon besar saat melintas di Desa Gilang.

"Korban selamat, hanya saja mengalami luka-luka. Saat ini sudah dilarikan ke rumah sakit untuk proses penanganan medis," katanya.


Simak Juga 'Detik-detik Puting Beliung Terjang 4 Desa di Probolinggo':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed