DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 20:55 WIB

Puluhan Rumah di Situbondo Rusak Disapu Puting Beliung

Ghazali Dasuqi - detikNews
Puluhan Rumah di Situbondo Rusak Disapu Puting Beliung Rumah yang gentengnya rusak tersapu puting beliung (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo - Hantaman angin puting beliung menimbulkan kerusakan di Situbondo. Puluhan rumah warga di Desa Palangan Kecamatan Jangkar mengalami rusak.

Bagian atap rumah dalam dua dusun di desa setempat porak-poranda. Seng-seng banyak yang beterbangan, dan asbes maupun genteng-genteng juga banyak berjatuhan hingga pecah berantakan. Sejauh ini, dilaporkan tidak ada korban dalam musibah bencana alam tersebut.

"Data sementara, rumah rusak mencapai 29 unit dan 2 unit garasi. Rinciannya rusak ringan sebanyak 27 rumah dan 2 unit lagi rusak sedang," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono saat dihubungi detikcom, Selasa (19/2/2019) petang.


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, hujan deras memang terjadi di sejumlah wilayah timur Situbondo, sore tadi. Saat hujan turun itulah, pusaran angin puting beliung tiba-tiba menyapu Dusun Krajan dan Dusun Palangan Barat, Desa Palangan Kecamatan Jangkar. Saat itu, banyak bagian atap rumah warga yang ikut disapu angin hingga rusak.

Suasana panik sempat terjadi di wilayah tersebut. Tahu ada angin puting beliung, sebagian warga langsung dilanda cemas hingga banyak berlarian keluar rumah. Mereka menyelamatkan diri ke tanah-tanah lapang di sekitar tempat tinggalnya.


"Sejauh ini tidak ada laporan jatuhnya korban, baik cedera maupun meninggal. Hanya kerusakan rumah saja," papar Puriyono.

Sebanyak 29 rumah rusak itu tersebar di Dusun Krajan sebanyak 26 rumah dan 2 garasi. Sementara 3 rumah lainnya berada di Dusun Palangan Barat. Sejumlah personel BPBD dan pihak terkait lainnya langsung diterjunkan ke lokasi bencana. Mereka membantu warga melakukan gotong royong membersihkan reruntuhan rumah yang rusak diterjang puting beliung.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed