DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 09:20 WIB

Diah, TKW Tak Digaji 12 Tahun Segera Bertemu Keluarga Hari Ini

Muhammad Aminudin - detikNews
Diah, TKW Tak Digaji 12 Tahun Segera Bertemu Keluarga Hari Ini Diah Anggraini (tengah)/Foto: Istimewa
Malang - Diah Anggraini (36), hari ini dijadwalkan pulang ke kampung halamannya, Jalan Laksamana Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang. Malam kemarin, Diah tiba di Tanah Air bersama empat temannya didampingi staf KBRI Amman, Jordania.

"Pagi ini, rencana kami bersama Mbak Diah pulang ke Malang," ungkap Plt Kadisnaker Kota Malang Supranoto kepada detikcom, Selasa (19/2/2019).

Disnaker Kota Malang bertolak ke Jakarta setelah mendapatkan informasi kepulangan Diah ke Tanah Air. Pemkot Malang bakal mndampingi dan menanggung semua biaya kepulangan Diah sampai ke rumah ibunya di Kotalama.


"Kemarin malam kami bermalam dulu di Jakarta. Setelah Diah melalui perjalanan panjang dari Jordania," beber Supranoto.

Ditambahkan, bahwa Diah sudah membuat buku rekening untuk penyelesaian gaji. Hasil mediasi dengan Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman dengan majikan, gaji Diah akan dibayarkan.

"Setelah lima hari sampai di Malang, gaji akan dikirim ke rekening Diah," kata Supranoto.


Setelah melalui mediasi, majikan Diah kooperatif dan menyelesaikan pembayaran gaji sebesar 9.000 Dollar AS atau sekitar Rp 126 juta.

Seperti diberitakan, Diah Anggraini (36), kabur dari rumah majikan setelah 12 tahun lamanya tak digaji. Diah mendatangi KBRI Amman, Jordania untuk meminta perlindungan. KBRI bertindak cepat dengan menghubungkan kembali Diah bersama keluarganya di Malang. Hampir selama belasan tahun, keluarga kehilangan kontak dengan Diah.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed