DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 19:31 WIB

Berkas Kasus Pencemaran Nama Baik Gus Nur Dinyatakan P21

Hilda Meilisa - detikNews
Berkas Kasus Pencemaran Nama Baik Gus Nur Dinyatakan P21 Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Berkas kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Sugi Nur Raharja atau Gus Nur dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Tinggi Jatim.

Sebelumnya, Sugi dilaporkan koordinator Forum Pembela Kader Muda NU, sekaligus Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim. Laporan tersebut dilayangkan atas vlog Gus Nur di Youtube berjudul Generasi Muda NU Penjilat. Vlog yang berdurasi 28 menit, 25 detik tersebut dinilai menghina NU.

"Pada tanggal 6 Februari 2019, kasus atas nama Sugi yang dilaporkan pasal 27 ayat 3 undang-undang nomor 19 tahun 2016 dinyatakan lengkap oleh jaksa penuntut umum," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (12/2/2019).


Saat ditanya kapan akan dilakukan tahap II atau pelimpahan barang bukti dan tersangka, Barung mengatakan dalam waktu dekat. Pihaknya tak ingin lama-lama agar kasus ini lekas rampung.

"Kita akan menyerahkan ke jaksa penuntut umum secepatnya. Kemungkinan akan kita terapkan minggu ini kita ajukan surat. Kemungkinan minggu berikutnya akan kita lakukan pemanggilan dan mengantar yang bersangkutan ke jaksa penuntut umum," imbuhnya.

Barung menegaskan pihaknya tidak memberi izin kepada Gus Nur untuk pergi ke Australia. Sebelumnya, melalui kuasa hukumnya, Sugi meminta izin untuk memberi dakwah ke Australia.


"Jadi memang kita tidak bisa memenuhi, karena imigrasi sendiri sudah keluar surat yang kita ajukan tanggal 16 desember 2018. Kita sudah mengajukan surat kepada imigrasi untuk melakukan pencekalan karena kita tahu bahwa kasusnya ada di wilayah Jawa Timur dan sedang dilakukan penyidikan pada saat itu," pungkasnya.
(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed