detikNews
Rabu 06 Februari 2019, 18:19 WIB

Gubernur Soekarwo Punya Alasan Belum Nyatakan Jatim KLB DB

M Rofiq - detikNews
Gubernur Soekarwo Punya Alasan Belum Nyatakan Jatim KLB DB Foto: M Rofiq
Probolinggo - Gubernur Jatim Soekarwo menyebutkan, ada 4 daerah yang masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Menurutnya, Pemprov akan menurunkan bantuan bagi daerah-daerah yang berstatus KLB.

Hal itu disampaikan Sukarwo saat menghadiri acara serah terima jabatan Wali Kota Probolinggo di Gedung Widya Harja, Jalan Panjaitan, Rabu (6/2/2019). Empat kota atau kabupaten yang dimaksud yakni Jombang, Bojonegoro, Ponorogo dan Kediri.

"Untuk penderita DBD tertinggi, masih 4 daerah di Jawa Timur," kata Gubernur yang akrab disapa Pak Dhe Karwo.




Meski demikian Pak Dhe menambahan, sampai saat ini Jawa Timur belum menetapkan status KLB. Ia hanya menyampaikan jika Pemprov akan membantu daerah yang berstatus KLB.

"Provinsi akan bantu, jika memang daerahnya sudah KLB. Seperti bantuan bencana, gimana bantuan turun laporan bencananya gak ada," pungkas pria berkumis tebal itu.

Dari informasi dihimpun detikcom, ada 20 kasus DBD yang terjadi di wilayah Kota Probolinggo dan 88 kasus di Kabupaten Probolinggo. Salah satu di antaranya meninggal dunia. Hingga saat ini dua wilayah tersebut belum menetapkan status KLB.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com