DetikNews
Kamis 31 Januari 2019, 09:07 WIB

Edi yang Cacat Kaki Rawat Ibu Lumpuh: Kuncinya Sabar dan Ikhlas

Ghazali Dasuqi - detikNews
Edi yang Cacat Kaki Rawat Ibu Lumpuh: Kuncinya Sabar dan Ikhlas Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Menjalani hidup seperti Edi Winarso (60), tentu tidaklah mudah. Di tengah keterbatasan fisiknya sendiri, Edi masih harus merawat ibundanya, Sasmiti (85), yang mulai pikun dan mengalami kelumpuhan.

Tak sekadar merawat saja, Edi juga harus menanggung seluruh kebutuhan harian hidupnya dan ibundanya sendiri.

"Memang berat, kunci menghadapi semua ini adalah sabar dan ikhlas. Itu saja," tutur Edi di sela obrolannya di depan rumahnya, di Jalan Sucipto Lingkungan Parse RT 01 RW 02 Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo, Kamis (31/1/2019).

Menurut Edi, dirinya mampu bertahan dengan kondisi hidupnya yang memprihatinkan karena satu hal. Yakni, keyakinannya yang cukup kuat bahwa semua yang ada dalam hidup manusia adalah bentuk ujian. Termasuk yang menimpa hidupnya, Edi meyakini adalah ujian dari Allah.


Foto: Ghazali Dasuqi


"Pokoknya semua yang ada dalam hidup adalah ujian. Kaya, miskin, normal, tidak normal, semua adalah ujian dari Allah. Alhamdulillah meski begini saya masih diberi hidup dan nikmat kesehatan," papar Edi.

Menurut Edi, nikmat hidup yang dirasakannya saat ini adalah berkat sang ibu yang telah melahirkannya. Bahkan, dia bisa tumbuh hingga dewasa dan beranjak tua, semuanya tak lepas dari jasa sang ibu.

"Karena itu, sebagai seorang anak saya wajib berbakti kepada orang tua, khususnya ibu. Bagaimana pun kondisi saya, saya akan tetap merawatnya. Semampu saya," tandas Edi menutup perbincangan.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed