detikNews
Senin 28 Januari 2019, 17:53 WIB

Risma Bangun Museum Olahraga, Libatkan Alan Hingga Rudi Hartono

Amir Baihaqi - detikNews
Risma Bangun Museum Olahraga, Libatkan Alan Hingga Rudi Hartono Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Pemkot Surabaya akan membangun museum olahraga. Pembangunan akan dimulai tahun ini dan ditargetkan selesai pada bulan November.

"Tempatnya di Gelora Pancasila. Nanti di situ akan diisi oleh seluruh atlet Surabaya yang berprestasi tingkat dunia, Asia Pasifik atau tingkat Asia," kata Wali Kota Tri Rismaharini di ruang kerjanya Balai Kota Surabaya, Senin (28/1/2019).

Risma melanjutkan saat ini pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan beberapa atlet dari Surabaya yang pernah mengukir prestasi dunia. Rencananya para mantan atlet itu akan bertemu dengan Risma untuk membahasa museum secara bersama.

"Aku sudah hubungi Alan budikusuma, Minarti Timur, Rudi Hartono dan Lilis Handayani. Karena mereka juga pernah juara dunia. Nanti aku akan minta, taruhlah piala mereka yang asli atau membuat duplikasinya," terang Risma.


Untuk tujuannya, wali kota perempuan pertama itu menjelaskan agar nantinya dengan adanya museum olahraga, anak-anak Surabaya diharapkan bisa termotivasi dengan prestasi dan bisa menjadi pahlawan bagi negaranya.

"Tujuannya agar anak-anak Surabaya bisa meniru mereka para pahlawan negara. Karena mereka kan pahlawan yang membawa nama negara. Anak-anak nantinya bisa menjadi pahlawan, pahlawan bagi orang tuanya, pahlawan lingkungannya, dan pahlawan kota ini," imbuhnya.

"Kalau dulu pahlawan kan karena berperang. Tapi kalau sekarang perang melawan siapa. Nah, itu tujuannya kalau mereka bisanya di olahraga bisa jadi pahlawan yang membawa nama negara," lanjut Risma.


Dikatakan Risma, dalam pembangunan museum olahraga, pihak pemkot tidak memgeluarkan anggaran secara khusus. Karena memang akan ditempatkan di Gelora Pancasila. Namun begitu ia tidak akan sampai membongkar Gelora Pancasila karena bangunan tersebut merupakan cagar budaya.

"Saya berharap November bisa diresmikan. Saat ini sudah ada renovasi untuk Gelora Pancasila," tandas Risma.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com