Pencarian Mobil Tercebur Sungai Brantas Tulungagung Pakai Kamera Air

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 28 Jan 2019 10:33 WIB
Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Tim SAR gabungan kembali melanjutkan proses pencarian tiga penumpang mobil yang hilang tercebur Sungai Brantas Ngunut Tulungagung. Kini pencarian diperluas hingga radius 4 Km.

Koordinator Pos Basarnas Trenggalek, Brian Gautama, mengatakan pencarian di air pihaknya menerjunkan dua perahu karet dengan dilengkapi peralatan jangkar termasuk tim selam. Selain itu sejumlah titik pusaran air juga menjadi pantauan Tim SAR gabungan.

"Untuk hari ini radius pencarian kami perluas sampai radius empat kilometer dari lokasi kejadian. Kemudian hari ini kami juga mendatangkan kamera bawah air untuk membantu mendeteksi objek," kata Brian Gautama saat dikonfirmasi, Senin (28/1/2019).


Tambahan alat tersebut diharapkan akan membantu dan mempercepat proses pencarian kendaraan maupun tiga penumpang yang ada di dalamnya. Pihaknya berharap kondisi cuaca hari ini cerah sehingga visibilitas bawah air lebih baik.

"Kalau kemarin visibilitas di dalam air nol, artinya tidak bisa terlihat, ini dipengaruhi oleh kondisi air yang keruh akibat musim hujan. Nah kalau kamera yang kami datangkan ini nanti semoga ada fasilitas infrarednya," imbuhnya.

Brian menjelaskan, hingga kini pihaknya belum berhasil menemukan objek kendaraan Avanza yang tenggelam pada Sabtu (26/1) malam. Salah satu titik yang sempat dicurigai sebagai lokasi kendaraan ternyata hasilnya nihil setelah dilakukan penyelaman.


"Yang jelas berbagai upaya kami lakukan dalam operasi ini, semoga para korban segera ditemukan," imbuh Brian.

Sabtu (26/1), Mobil Toyota Avanza L 1147 BF yang dikemudikan Waridi (56) warga Rungkut Lor, Surabaya tercebur ke Sungai Brantas di Desa/Kecamatan Ngunut, Tulungagung saat antre menggunakan jasa penyeberangan perahu.

Mobil tersebut tiba-tiba melaju saat diparkir di turunan dermaga penyeberangan. Pengemudi berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan tiga penumpang masih dalam pencarian.

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)