DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 10:53 WIB

Diisi 20 Ribu Bibit Ikan Nila, Ekosistem Kalimas Diharap Meningkat

Amir Baihaqi - detikNews
Diisi 20 Ribu Bibit Ikan Nila, Ekosistem Kalimas Diharap Meningkat Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Sebanyak 20 ribu bibit ikan nila dilepaskan di sepanjang Kalimas. Pelepasan ribuan ikan itu merupakan bagian dari peningkatan pelestarian ekosistem dan kualitas air.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Joestamadji mengatakan upaya penebaran ikan di sepanjang Sungai Kalimas ini merupakan bagian dari peningkatan ekosistem. Karena jika semakin banyak ikan akan semakin baik kualitas air di sungai tersebut.

"Ikan itu kan indikator. Kalau ikannya semakin banyak maka kualitas air semakin baik. Kalau semakin berkembang kan aneka ragamnya semakin baik airnya," kata Joestamadji usai penebaran ikan di Monumen Kapal Selam, Minggu (13/01/2019).


Alasan dipilihnya ikan nila, lanjut Joestamadji, dikarenakan ikan ini sangat mudah berkembang biak. Selain itu, ikan yang berasal dari benua Afrika tersebut merupakan jenis omnivora.

"Awalnya kita mau tebar ikan wader. Tapi setelah pertimbangkan dipilih nila. Karena ikan ini mudah berkembang biak dan bisa dimanfaatkan sebagai pendendali gulma di air," bebernya.

"Jadi untuk itu kami menyarankan menebar ikan nila di kalimas. Karena selain banyak manfaat juga sekaligus bisa menjaga kualitas air," lanjutnya.


Terpisah, Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto mengatakan acara penebaran ikan tersebut pertama kali dilakukan. Acara tersebut merupakan sinergitas Pelindo III dan Pemkot Surabaya dalam melestarikan ekosistem di sungai.

"Kita tebar ikan seperti disampaikan pak kadis karena terkait ekosistem di Kalimas ini muaranya kan di pelabuhan Perak. Karena beberapa hari yang lalu kita memperingati hari lingkungan hidup tema itu kita ambil untuk menebar ikan," terang Toto.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed