DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 16:45 WIB

Bruak, Mobil Patwal Tahanan Polresta Mojokerto Ditabrak Truk

Enggran Eko Budianto - detikNews
Bruak, Mobil Patwal Tahanan Polresta Mojokerto Ditabrak Truk Saat mobil patwal ditabrak truk (Foto: Tangkapan layar CCTV)
Mojokerto - Mobil patroli dan pengawalan (Patwal) Sat Sabhara Polresta Mojokerto ditabrak truk saat mengawal mobil tahanan di simpang 4 Kartini. Detik-detik kecelakaan ini terekam kamera CCTV.

Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono mengatakan, saat kejadian mobil patwal Sat Sabhara sedang mengawal mobil tahanan Kejaksaan. Mobil Mitsubishi Lancer nopol X 1002-61 itu melaju dari arah alun-alun menuju ke Pengadilan Negeri Mojokerto.

Mobil sedan tersebut dikemudikan Briptu GG. Sementara di kursi penumpang adalah Perwira Pengendali (Padal) Ipda HR.

Sampai di simpang 4 Kartini sekitar pukul 10.30 WIB, mobil Patwal tersebut ditabrak truk pengangkut batu atau tensla. Truk yang dikemudikan AA (42), warga Desa/Kecamatan Cerme, Gresik melaju dari barat ke timur, atau dari Jalan Kartini.


"Berdasarkan rekaman CCTV dan keterangan saksi-saksi, kami ambil kesimpulan pengawalan tahanan sudah sesuai SOP. Kecelakaan ini akibat kelengahan dan tidak tertibnya pengemudi truk. Dia tidak memahami prioritas hak penggunaan jalan. Salah satunya petugas pengawalan tahanan sesuai UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 tahun 2009," kata Sigit kepada wartawan sebelum pemusnahan miras di kantor Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Kamis (10/1/2019).

Dalam rekaman CCTV, nampak truk melaju cukup kencang dari arah barat ke timur karena lampu traffic light menyala hijau. Moncong truk menghantam pintu depan sisi kanan mobil patwal. Mobil warna cokelat itu sampai terseret hingga sama-sama menghadap ke timur.

Sejurus kemudian, dua anggota Sat Sabhara yang mengendarai sepeda motor langsung menghampiri sopir truk. Disusul dua polisi yang ada di dalam mobil patwal juga nampak meminta sopir untuk keluar dari kursi kemudi.


Sigit memastikan, tak ada korban luka maupun jiwa dalam kecelakaan ini. Hanya saja pintu depan sisi kanan mobil patwal ringsek.

"Tak terjadi korban luka maupun jiwa, anggota kami hanya sedikit syok," terangnya.

Kecelakaan ini, tambah Sigit, menjadi pelajaran bagi masyarakat. Menurut dia, para pengguna jalan wajib mendahulukan petugas pengawalan, ambulans, maupun mobil pemadam kebakaran.

"Pengemudi kami tilang, kami lihat prosedur dia dapatkan SIM," tandasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed