detikNews
Senin 31 Desember 2018, 16:27 WIB

Gus Ipul Titipkan Harapan Besar pada Khofifah, Apa Itu?

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Gus Ipul Titipkan Harapan Besar pada Khofifah, Apa Itu? Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File
Surabaya - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul memiliki harapan besar kepada Gubernur Terpilih Khofifah Indar Parawansa. Apa itu?

Sebelumnya, Gus Ipul mengaku cukup menyesal. Kendati hingga di akhir kepemimpinannya mendampingi Soekarwo, Gus Ipul merasa belum ada suatu hal membanggakan yang bisa diwariskan kepada masyarakat. Gus Ipul berharap nantinya Khofifah mampu memiliki legacy atau sebuah peninggalan.

"Saya berharap kepada gubernur yang akan datang, kepada gubernur yang dilantik ini punya legacy," kata Gus Ipul saat ditemui di kediamannya di Surabaya, Senin (31/12/2018).


Selain itu, Gus Ipul juga percaya jika wali kota dan bupati bisa bekerja sama untuk mewujudkan pemerintahan yang memiliki dampak bagi masyarakat. Menurut Gus Ipul, kinerja baik dari bupati dan wali kota turut menunjang kinerja gubernur.

"Saya percaya gubernur baru bisa bikin legacy. Bupati walikota juga mampu mewujudkannya sehingga kesuksesan kepala daerah ke depan bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat," kata Gus Ipul.

Gus Ipul memberi contoh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hingga Bupati Banyuwangi mampu menciptakan beberapa legacy. Misalnya saja, Risma dengan membuat tata kota Surabaya yang hijau dengan banyaknya taman kota dan Anas yang konsentrasi mendongkrak perekonomian melalui peningkatan sektor pariwisata.

"Risma katakanlah menciptakan banyak taman, Azwar Anas luar biasa maju di sektor pariwisata. Tapi, sebagai warisan 10 tahun saya dengan Pakdhe Karwo itu apa?," imbuh Gus Ipul.


Untuk itu, Gus Ipul mengatakan dirinya sangat berharap pemerintahan ke depannya memiliki sebuah legacy yang bisa dinikmati masyarakat.

Sebelumnya, Gus Ipul mengaku telah memiliki usulan untuk membuat beberapa hal, namun dia mengatakan hingga kini belum terlaksana. Seperti membangun Rumah Sakit Istimewa di Madura yang daya tampungnya seperti RSU Dr Soetomo, membangun pusat Kajian Islam di sisi Madura Jembatan Suramadu, hingga membuat Pusat Olahraga dan Kebudayaan di Gresik.

"Kemampuann APBD banyak, misalnya bisa untuk bikin pusat olahraga atau bikin bumi perkemahan sebagai tempat pengkaderan anak-anak bangsa. Itu yang saya harap kepada gubernur yang akan datang," harap Gus Ipul.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed