Cuaca Ekstrem, Pendakian Gunung Lawu Ditutup Sementara

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 31 Des 2018 10:04 WIB
Pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu. (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Cuaca ekstrem menjelang pergantian tahun baru 2019 memaksa pengelola menutup jalur pendakian Gunung Lawu dari Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan. Penutupan jalur pendakian ini terhitung sejak Minggu (30/12/2018) sore.

"Kita telah koordinasi dengan pihak Perhutani untuk menutup sementara jalur pendakian, mengingat cuaca ekstrem hujan badai terjadi sejak kemarin," jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra kepada detikcom, Senin (31/12/2018).


Kendati demikian, Fery mengatakan penutupan jalur pendakian lewat Cemoro Sewu ini hanya berlaku sementara. Menurutnya ini karena banyak calon pendaki dari luar kota yang sudah terlanjur datang.

"Jadi penutupan ini hanya sementara, dan kita selalu berkoordinasi dengan pihak pengelola jalur pendakian wilayah KPH Lawu," lanjutnya.


Fery menambahkan, pihaknya juga telah mengerahkan tim relawan SAR untuk memantau situasi jalur pendakian. Tim ini juga sudah dipersiapkan bila sewaktu-waktu diperlukan tindakan evakuasi kepada para pendaki yang sudah naik.

"Saat ini kita telah libatkan relawan Tim SAR dari BPBD Magetan, berjumlah sekitar 20-an untuk memantau wilayah jalur pendakian. Jika dimungkinkan kita evakuasi pendaki," tuturnya.

Meski begitu Fery mengungkapkan sudah banyak pendaki yang terlanjur naik Gunung Lawu lewat jalur Cemoro Sewu. "Kalau yang baru sementara ditahan di kamp dulu," tutupnya.



Simak juga video 'Bagaimana Cuaca Malam Tahun Baru? Ini Prediksi BMKG':

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)