Komite K2 Sebut Jalan Gubeng Tidak Ambles Tetapi Longsor

Komite K2 Sebut Jalan Gubeng Tidak Ambles Tetapi Longsor

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 21 Des 2018 18:33 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menerjunkan Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) untuk mencari fakta-fakta terkait amblesnya Jalan Gubeng sebagai akibat proyek pembuatan basemen RS Siloam Surabaya.

Dari pengamatan sementara yang dilakukan tim K2 di lokasi amblesnya Jalan Gubeng, mereka mencoba meluruskan pendapat tentang kondisi yang terjadi. Menurut tim K2, yang terjadi di Jalan Gubeng bukanlan ambles, melainkan longsor.

"Kita hanya ingin meluruskan saja. Dari pandangan secara fisik ini bukan amblesan tanah. Namun ini adalah longsor," ungkap salah satu anggota tim K2 Prof Widjojo Adi Prakoso, yang juga Guru Besar Teknik Sipil Universitas Indonesia kepada wartawan di lokasi, Jumat (21/12/2018).


Widjojo juga belum dapat menjawab pertanyaan tentang penyebab tanah longsor di proyek pembuatan basement RS Siloam tersebut.

"Kami belum bisa menjawab karena belum mendapatkan data-data dari sini. Kami hanya ingin meluruskan saja jika ini bukan tanah yang ambles begitu saja," tandasnya.

Widjojo menambahkan, tanah longsor seperti di Jalan Gubeng sebenarnya jarang terjadi di Indonesia.

"Kejadian seperti ini jarang terjadi. Bukan tidak ada," tegasnya.


Terlepas dari itu, Widjojo dan tim K2 belum dapat menemukan kesimpulan berarti untuk direkomendasikan kepada Kementerian PUPR.

"Kami belum bisa menyimpulkan apa-apa disini karena kami baru datang. Mungkin dua hari lagi data-data akan kita kirim ke Kementerian," pungkasnya.


Saksikan juga video '24 Jam Nonstop, Alat Berat Bekerja Recover Jalan Gubeng':

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)