Satgas Pangan Polres Tuban Gelar Operasi Pasar Jelang Natal

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 20 Des 2018 16:25 WIB
Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Satgas Pangan Polres Bumi Wali Tuban melakukan operasi pasar jelang Natal dan Tahun Baru 2019. Hal ini mengantisipasi lonjakan harga sembako yang tidak wajar yang dilakukan spekulan.

"Kita jaga stabilitas harga pangan di pasaran supaya daya beli masyarakat tidak menurun dan juga mencegah terjadinya perbuatan nakal dari para penjual atau spekulan yang sengaja menaikkan harga pangan," tegas Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono kepada wartawan, Kamis (20/12/2018).

Dipimpin kapolres, petugas dari sejumlah SKPD di antaranya Desperindag, Bulog, Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan, tim melakukan pengecekan harga sembako, daging ayam dan daging sapi di sejumlah pasar.

"Kita dapati ada kenaikan harga namun masih wajar. Dan kita imbau untuk tidak ada yang mengambil kesempatan menaikkan harga pada Natal dan Tahun Baru kali ini," tambah kapolres.

Di Pasar Besar Tuban misalnya, saat ini harga ayam potong naik dari harga Rp 30 ribu/kg, menjadi Rp 32 ribu/kg. Harga telur yang sebelumnya Rp 20 ribu/kg kini Rp 22 ribu/kg.

Pantauan harga sembako dan daging ayam serta sapi ini akan terus diberlakukan agar tidak ada oknum yang mencoba melakukan permainan harga.

Pihaknya juga memastikan stok bahan makanan hingga beberapa bulan awal tahun 2019 dipastikan aman. Karena kebutuhan masyarakat tidak terlalu signifikan dan masih standar dibandingkan dengan suplai barang yang ada.

Sementara salah satu pedagang daging, Sumarmi (46) mengaku lega dan senang dengan operasi pasar. Sebab, bisa membuat harga tidak sering berubah-ubah dan pembeli tidak menurun.

"Ya terima kasih dengan operasi pasar. Ini bisa terjaga harga barang barang di pasaran. Pembeli juga tidak khawatir harga naik," ujarnya. (fat/fat)