Dana Recovery Jalan Gubeng Ditalangi Pemkot, Kemana RS Siloam?

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 20 Des 2018 14:17 WIB
Foto: Deny Prastyo Utomo/File
Surabaya - Pascaamblesnya tanah di Jalan Gubeng akibat proyek basement RS Siloam, Pemkot Surabaya turun tangan untuk melakukan recovery atau pemulihan. Pemkot juga akan menalangi seluruh pendanaan selama berjalannya proses pemulihan.

"Pembiayaan akan kita hitung. Kalau bisa akan kita tagihkan, yang memiliki project harus tanggung jawab. Tapi belum tahu berapa estimasi dana. Nanti akan dihitung oleh tim recovery. Arahannya ibu walikota seperti itu," kata Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana di lokasi, Kamis (20/12/2018).


Wisnu menambahkan, dana talangan yang akan digunakan oleh Pemkot Surabaya untuk proses recovery Jalan Gubeng itu akan diambil dari APBD.

"Arahannya bu Wali Kota tadi seperti itu. Nanti Dinas PU yang hitung dapat darimana penandaannya. Yang jelas penggunaan dana APBD nanti akan kita tagihkan ke pemilik project. Nanti proses hukumnya jalan terus akan diklaimkan," ujar Wisnu.


Wisnu juga menyebutkan proses pemulihan Jalan Gubeng akan dimulai hari ini juga.

"Proses recovery akan kita mulai hari ini. Tadi kita sudah berkoordinasi untuk melakukan pengerjaan dulu di dua gedung yang terdampak. Kemudian kita kerjakan pedestrian sisi barat dan sisi timur," tandas Wisnu.


Simak Juga 'Penjelasan BNPB Soal Amblesnya Jalan Gubeng':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)