detikNews
Minggu 02 Desember 2018, 21:30 WIB

Polisi juga Amankan WNA Australia dari Asrama Mahasiswa Papua

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Polisi juga Amankan WNA Australia dari Asrama Mahasiswa Papua Foto: Istimewa
Surabaya - Saat mengamankan 233 mahasiswa Papua di Asrama Mahasiswa Papua Jalan Kalasan, Surabaya, Minggu (2/12) dini hari, polisi juga mengamankan satu perempuan Warga Negara Asing (WNA). Kini, WNA asal Australia tersebut sedang diperiksa imigrasi.

"Itu diperiksa imigrasi, kita bekerjasama dengan imigrasi karena mereka bagian dari pemerintah. Sehingga kita bekerja sama dengan imigrasi untuk memeriksa. Karena mereka ini masuk di dalam kelompok itu," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Minggu (2/12/2018).


Barung menambahkan identitas WNA tersebut yakni Harman Ronda Amy. Imigrasi sedang memeriksa motif dan tujuan Ronda datang ke Indonesia dan terlibat dalam aksi yang dilakukan mahasiswa Papua.

WNA ini diperiksa imigrasi/WNA ini diperiksa imigrasi/ Foto: Istimewa

"Imigrasi memeriksa keabsahan mereka masuk ke Indonesia baik itu visa atau paspornya. Itu kewenangan dari imigrasi sekaligus memeriksa record daripada yang bersangkutan. Apakah mereka sudah lama dan ada hubungan dengan kelompok di Indonesia," papar Barung.


Namun, berdasarkan penyelidikan polisi dari akun medsos Ronda bernama Ronda Doggett, Barung menambahkan banyak postingan dan foto terkait dukungan kepada Papua Merdeka.

"Postingan dan foto yang diunggah oleh akun Ronda Doggett banyak terkait dengan dukungan gerakan Papua Barat Merdeka," pungkasnya.

Ratusan mahasiswa Papua di Surabaya merayakan Hari Kemerdekaan Papua Barat di Jalan Pemuda, Sabtu (1/12). Dalam orasinya, mereka menuntut agar rakyat Papua diberi kehendak bebas untuk menentukan nasibnya. Para mahasiswa ini juga sempat membawa atribut Bintang Kejora saat melakukan aksi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com