detikNews
Minggu 02 Desember 2018, 09:01 WIB

Puluhan Ribu Peserta Gerak Jalan MojoSuro Taklukkan Jalanan 56 Km

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Puluhan Ribu Peserta Gerak Jalan MojoSuro Taklukkan Jalanan 56 Km Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Puluhan ribu peserta Gerak Jalan Perjuangan (GJP) MojoSuro, rampung menyusuri Mojokerto hingga Surabaya. Para peserta mampu menaklukkan jalanan sejauh 56 Km.

Panitia menyebut total ada puluhan ribu peserta. Rinciannya, sebanyak 1.685 peserta dari kategori perorangan, 41 tim beregu pelajar, 453 tim beregu umum, dan 42 tim beregu yang diikuti TNI/Polri meraimakan acara tahunan yang digelar Pemprov Jawa Timur ini.

Penanggungjawab GJP, Biasworo Adi Suyanto Aka mengatakan dalam menempuh jarak 56 Km, para peserta membutuhkan waktu 10 jam. Namun, Adi mengatakan ada pula beberapa peserta yang kurang dari 10 jam, bisa sampai garis finish di Tugu Pahlawan, Surabaya.

"Memang kita lakukan estimasi dengan waktu 10 jam, tapi kenyataannya sore pukul 20.30 WIB, sudah ada yang sampai," kata Adi saat ditemui di Jalan Pahlawan, Surabaya, Minggu (2/12/2018)

Penanggung jawab gerak jalan Mojokerto-Suroboyo/Penanggung jawab gerak jalan MojoSuro/Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Meski banyak yang datang lebih awal, namun bukan berarti mereka menang. Adi mengaku hal ini tergantung penilaian saat di jalan.

"Ada 400 juri yang menilai, makanya untuk yang datang lebih awal bukan berarti mereka menang," ujar dia.

Adi memaparkan untuk tahun ini, penilaian yang dilakukan berbasis digital, yakni menggunakan barcode. Jadi tidak ada celah untuk peserta berbuat curang. Lantaran semua sudah tertata mulai dari kerapian, kedisiplinan, bahkan ketepatan waktu.

"Kita sudah pakai barcode, dan alhamdulillah berjalan lancar. Setiap masuk pos di scan, tentu tidak bisa bohong," kata dia.

Rencananya, dari acara gerak jalan ini panitia telah menyiapkan total hadiah senilai Rp 118 juta. Hal ini akan diumumkan satu minggu setelah GJP selesai.

Rinciannya, untuk kategori beregu umum, pelajar, TNI/Pollri, ada hadiah Rp 10 juta (juara 1), Rp 7.5 juta (juara 2), Rp 3. 5 juta (juara 3). Sementara juara harapan 1 dan 2 Rp 2 juta, dan untuk harapan 3 Rp 1.5. Bahkan rangking 7 sampai 10 mendapatkan uang Rp 500 ribu.

Sementara untuk kategori perorangan Rp 5 juta (juara 1), Rp 3 juta (juara 2), Rp 1.5 (juara 3). Selain itu untuk pserta terunik juga menerima hadiah senilai Rp 2 juta (juara 1), Rp 1 juta (juara 2), dan Rp 750 ribu (juara 3).

Sedangkan untuk rutenya, peserta start di Lapangan Surodinawan, Mojokerto - Jalan Tunggal Dewi Brawijaya - Jalan Wachid Hasyim - Jalan Bhayangkara, Jalan Ajinomoto - keluar ke jalanan Krian - Trosobo - Kletek - Karangpilang - Joyoboyo - Kebun Binatang - Pasar Kembang - Kedung Doro - Kebon Rojo - Jalan Pahlawan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com